Bagaimana Si Kecil Bisa Tertular Virus Corona? Simak Penjelasan Ini Moms

By Yussy Maulia, Sabtu, 26 Desember 2020 | 13:04 WIB
()

Nakita.id - Moms, Covid-19 bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak.

Bahkan, anak-anak bisa jadi golongan rentan karena imunitasnya bergantung pada lingkungan atau orangtuanya. Selain itu, kesadaran akan protokol kesehatan juga masih belum optimal.

Hal itu disampaikan Dokter Spesialis Konsultan Anak Subdisiplin Nefrologi, Dr Sudung O Pardede dikutip dari Kompas.com, Kamis (1/10/2020).

"Kita tahu anak itu belum mampu memahami apa yang terjadi pada diri mereka sendiri, sehingga membutuhkan daripada perlindungan oleh orangtua," ungkap Sudung.

Baca Juga: Tak Cukup dengan Mencuci Tangan, Sebaiknya Lakukan Ini untuk Melindungi Anak dari Virus Corona

Selanjutnya, Sudung mengatakan, paparan Covid-19 pada anak bisa terjadi di mana saja. Entah dari lingkungan sekitar maupun keluarga.

Terutama, pada anak-anak yang memiliki anggota keluarga keluarga ataupun orangtuanya yang harus beraktivitas di luar rumah.

"Ketika pulang kembali ke rumah, kita tidak tahu apakah mereka bersih atau jangan-jangan membawa pulang virus corona," ujar Sudung.

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan masyarakat adalah ketika pulang ke rumah, mereka langsung melakukan komunikasi dengan anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Hal ini bisa jadi sumber penularan virus terhadap anak-anak. Oleh karenanya, penting untuk segera melepas pakaian dan membersihkan tubuh setelah bepergian.

Baca Juga: Jangan Biarkan Virus Corona Menempel pada Permukaan Baju! Ini Cara Tepat yang Dianjurkan untuk Membersihkan Pakaian

Covid-19 yang sulit diprediksi