Pentingnya Mengembangkan Kreativitas Anak Selama Masa Pandemi

By Yussy Maulia, Sabtu, 26 Desember 2020 | 23:17 WIB
()

Nakita.id - Selama pandemi, masyarakat diminta untuk lebih bijak dalam beraktivitas.

Kegiatan di luar rumah yang tidak perlu pun disarankan untuk dibatasi supaya mengurangi  kontak fisik dengan orang lain.  

Nah, meski di rumah saja selama pandemi, bukan berarti Moms dan keluarga tidak bisa produktif lho.

Momen ini bisa Moms manfaatkan untuk lebih dekat dengan keluarga, terutama memberi lebih banyak perhatian terhadap tumbuh kembang si kecil.

Beberapa orangtua pun turut membagikan kisah inspiratifnya selama masa pandemi melalui "Dialog Produktif bertema Pandemi Tak halangi Kreasi". 

Baca Juga: Yuk Jadikan Si Kecil Jadi Lebih Kreatif Selama di Rumah Aja, Begini Caranya Moms

Dialog tersebut diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat (11/12/2020).

Salah satunya adalah Pendiri Komunitas PRAKARDUS Muhammad Luqman Baehaqi yang menceritakan bagaimana ia membantu mengembangkan kreativitas anak melalui kreasi kardus.

 “Awalnya berkreasi dengan kardus ini sebagai solusi untuk memberi kegiatan sekaligus hiburan pada anak karena rumah kami jauh dari pusat hiburan dan pusat perbelanjaan. Kemudian kegiatan kami pun diminati banyak orang sehingga berlanjut memberi workshop tiap akhir minggu”, cerita Luqman dikutip dari laman Covid19.go.id.

Menurut Luqman, dalam proses menjadi kreatif, orangtua dan anak tidak perlu berpikir terlalu jauh tentang bagaimana hasil akhirnya nanti.

"Ketika kita tahu alasan untuk melakukan sesuatu, anak-anak juga turut merasakan apa yang kita rasakan. Ini lebih baik daripada sekadar mencari tahu apa yang harus kita lakukan”, tutur Luqman. 

Baca Juga: Kreatif Tanpa Batas, Ini Sederet Hal Seru yang Bisa Dicontek Saat Putuskan di Rumah Saja di Masa Pandemi Covid-19