Virus Bisa Bertahan di Serat-serat Kain Pakaian, Disinfeksi dengan Cara Ini

By Yussy Maulia, Sabtu, 26 Desember 2020 | 23:24 WIB
Ilustrasi disinfektan dan kain. ()

Nakita.id - Pandemi Covid-19 memberi pelajaran kepada masyarakat agar menyadari pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sejak pandemi, masyarakat terus membiasakan PHBS mulai dari mencuci tangan secara berkala hingga rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Setelah beraktivitas seharian di luar rumah, benda-benda yang kita bawa pun perlu disemprot disinfektan.

Sementara itu, pakaian yang kita kenakan harus segera dicuci dan didisinfeksi untuk menghilangkan virus yang menempel. Sebab, virus corona bisa bertahan selama kurang lebih 2 hari di pakaian kita.

Menurut Medical News Today, disinfeksi pakaian tidak sama dengan mencuci pada umumnya. Kegiatan mencuci pakaian melibatkan bahan kimia tertentu untuk membunuh virus.

Baca Juga: Apakah Sama Gejala Covid-19 yang Diderita Setiap Orang? Segera ke Rumah Sakit Jika Mengalami Hal Ini Saat Isolasi Mandiri

Nah, supaya aman, Moms bisa membuat disinfektan pakaian sendiri lho. Caranya cukup siapkan cairan pemutih pakaian yang mengandung sodium hypochlorite.

Selain efektif membunuh virus corona, kandungan tersebut juga bisa membunuh kuman dan virus lain seperti influenzastaphylococcusstreptococcus, salmonella, dan juga virus salesma.

Sodium hypochlorite ini bekerja dengan mengoksidasi atau membakar membran pelindung bakteri dan cangkang protein virus, sehingga mikroorganisme ini mudah dihancurkan.

Baca Juga: Wajib Tahu Moms, Begini Aturan Mencuci Masker Kain Supaya Tetap Aman

Perkara penggunan cairan pemutih sebagai disinfektan ini juga disetujui oleh peneliti kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Joddy Laksmono. 

Menurutnya, hal ini cukup mudah dan bisa dipraktekkan sendiri di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Pemutih cukup dilarutkan bersama air dengan perbandingan 1:100.