Ini Cara Mendidik Si Kecil Menjadi Anak Yang Baik

By Gisela Niken, Kamis, 23 Juni 2016 | 03:40 WIB
Ini Cara Mendidik Si Kecil Menjadi Anak Yang Baik (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sebagai orangtua, pasti Mama dan Papa ingin mendidik anak menjadi anak yang baik, perhatian dan peduli terhadap sekitar. Kebaikan akan membuat interaksi sosial menjadi lebih baik dan membuat anak belajar berbagai hal. Mendidik agar menjadi anak yang baik diawali dari pengalaman yang ia dapatkan di keluarga. Berikut cara yang bisa Mama lakukan.Baca juga: Terapkan pola asuh ini agar anak memahami etika bersosialisasi

1.Menjadi contoh

Anak belajar bagaimana bersikap dari mengamati tindakan serta bagaimana Mama berinteraksi. Misalnya ketika Mama bertemu dengan orang lain. Ia akan memelajari apa yang seharusnya dilakukan ketika bertemu dengan orang lain. Sebaiknya Mama mencoba mencontohkan tindakan kecil seperti mengucapkan kata terima kasih, maaf dan tolong.

 2.Memerhatikan bahasaJangan sering berbicara kata-kata buruk di sekitar anak. Menggunakan nada marah juga akan memengaruhi baya bicara anak. Gunakan kata-kata positif jika berada di sekitar anak. Hindari pula membicarakan keburukan orang lain. Hal ini akan membuat anak ikut terbiasa membicarakan kejelekan orang lain dari belakang. Saat melihat ada sesuatu yang salah dari orang lain ajarkan anak berkata kritis dan positif bukan cenderung mengejek.Baca juga: Mama, stop kebiasaan mengancam sekarang juga!

3.Belajar menerima orang lainAnak tentu akan bingung mengapa ada orang lain yang berbeda darinya. Mulai dari warna kulit, agama, status ekonomi dan lain-lain. Jangan terbiasa merendahkan orang yang berbeda karena si kecil tidak akan belajar untuk menerima orang lain.Toleransi dan menerima orang lain menjadi pelajaran penting agar anak menjadi anak yang baik. Empati jadi sifat kebaikan yang penting diajarkan kepada anak.Toleransi akan membuat anak punya jaringan sosial yang luas. Dorong anak untuk berbuat sosial sejak dini seperti menyumbang mainan mereka kepada anak yatim.

4. Dorong anak melakukan kebaikan sesering mungkinDorong anak melakukan hal-hal baik menjadi sangat penting. Mama bisa membantu anak dengan memberikan pujian agar ia terdorong untuk melakukan hal baik. Namun, Mama juga perlu memberi tahu si kecil bahwa berbuat baik bukan untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain. Pujian hanya ditujukan untuk membangun harga diri serta rasa percaya dirinya.Baca juga: Trik agar anak punya perilaku baik

5.Buat peluang agar anak berbuat baikTak perlu menunggu ada sesuatu sehingga baru bisa mendidik agar menjadi anak yang baik. Mama juga bisa melakukan kegiatan sederhana seperti membantu Mama dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Stimulus sederhana ini dapat membuat anak lebih peka terhadap sekitar dan menjadi sosok yang senang membantu.

(Niken/Kidspot)