Wow... Nyamannya PAUD di Kompleks Kemdikbud Ini!

By Dini, Rabu, 22 Juni 2016 | 00:44 WIB
Wow... Nyamannya PAUD di Kompleks Kemdikbud Ini! (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan baru saja meresmikan PAUD KM "0", yang akan menjadi PAUD percontohan nasional. PAUD KM "0" ini berlokasi di Kompleks Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, demikian disampaikan di akun Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ruangan-ruangan di PAUD KM "0" terbagi menjadi ruangan yang tematik, antara lain ruang seni dan kreatif yang dilengkapi dengan berbagai mainan yang merangsang kreativitas anak, area bermain peran yang dilengkapi dengan pakaian anak dari berbagai profesi/pekerjaan dan peralatannya, ruang mus

Wow... Nyamannya PAUD di Kompleks Kemdikbud Ini!

Selain itu ada juga ruang anak usia 1-2 tahun, ruang anak usia 2-3 tahun, ruang Pra SD, ruang tidur, ruang bayi, ruang laktasi, ruang ibadah, dan ruang makan. Menyenangkan sekali, kan? Baca juga tentang pendidikan, teknologi, keuangan, informasi, dan sebagainya di website Nawasiana.

Beberapa hal yang bisa dicontoh dari PAUD KM “0” adalah fasilitas dan kebijakan PAUD. "Ada studi bandingnya, termasuk soal permainan-permainan terbarunya. Bahkan tim Kemendikbud juga membandingkan dengan PAUD terbaik yang ada di Indonesia," ujar Mendikbud.

Wow... Nyamannya PAUD di Kompleks Kemdikbud Ini!

Sedangkan untuk kebijakan, PAUD KM “0” tidak mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) kepada anak-anak. Hal itu sesuai dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.