Moms Memakai Kacamata, Ini Cara Disinfeksi Usai Digunakan Beraktivitas Seharian

By Yussy Maulia, Rabu, 30 Desember 2020 | 23:40 WIB
()

Nakita.id - Menjalankan aktivitas selama pandemi, mungkin terasa sangat berbeda dari sebelumnya.

Jika sebelumnya bepergian terasa menyenangkan, saat ini mungkin perasaan jadi agak was-was. Sebab, kita perlu menerapkan protokol kesehatan ketat demi terhindar dari paparan virus corona.

Saat pulang ke rumah, kita pun diwajibkan untuk segera mengganti pakaian dan mencucinya dengan bersih. Karena kita tidak pernah tahu apakah ada virus yang menempel atau tidak.

Selain mencuci pakaian, ternyata pengguna kacamata juga wajib membersihkan kacamata seusai keluar rumah. Sebab, kacamata juga bisa menjadi media bagi virus untuk menempel.

Baca Juga: Muncul Tren Baru, Benarkah Memakai Kacamata Bisa Turunkan Risiko Tertular Covid-19?

Publikasi The Journal of the American Medical Association Ophthalmology (JAMA Ophthalmology) menyebut, kacamata atau pelindung mata berpotensi menyebarkan risiko penularan dari droplet atau percikan di udara yang mengandung virus jika mengenai mata.

Nah, bagi Moms yang memakai kacamata, berikut ada enam langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkannya usai beraktivitas sehari-hari.

Pertama, cuci tangan dahulu sampai bersih menggunakan sabun. Hal ini dilakukan untuk merontokkan debu dan partikel asing yang bisa ikut menggores lensa kacamata.

Kedua, bilas lensa kacamata di bawah air mengalir dan biarkan sebentar tanpa perlu digosok. Ini bertujuan untuk membilas debu-debu halus yang ada di permukaan lensa.

Ketiga, tuang 1 tetes sabun cuci piring pada lensa. Cukup 1 tetes kecil untuk setiap lensa. Gosok secara perlahan pada kedua sisi lensa, serta bagian hidung dan gagang kacamata.

Baca Juga: Jangan Buru-buru Ke Optik, Ternyata Baking Soda Mampu Menyelamatkan Kacamata Baret, Begini Caranya

Keempat, bilas kembali lensa kacamata dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal pada lensa.