Trik Mencegah Agar Anak Tidak Manja

By Gisela Niken, Jumat, 17 Juni 2016 | 00:00 WIB
Trik Mencegah Agar Anak Tidak Manja (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak yang semakin tua justru tidak menjamin ia semakin mandiri. Jika Mama tidak membiasakannya untuk mandiri, si kecil akan jadi semakin manja. Memberikannya terlalu banyak hadiah dan membiarkannya untuk bermalas-malasan akan memicu anak yang manja. Justru, Mama perlu melakukan cara untuk mencegah agar anak tidak manja agar ia menjadi sosok yang cerdas.Baca juga: Manja bikin anak malas ke sekolah

1.Membuat aturan berupa kesepakatanAda baiknya Mama membuat aturan untuk memberitahu anak bahwa ada batas-batas yang tidak boleh ia langgar. Misalnya jam berapa ia harus mandi atau jam-jam untuk menonton televisi dan bermain gadget. Hal ini akan membantu Mama untuk menghadapi anak yang marah atau meminta waktu tambahan. Anak-anak mengetahui bahwa ulah yang mereka buat akan membuat Mama konsisten. Untuk itu, buatlah aturan berdasarkan kesepakatan antara Mama dan si kecil untuk menjaga konsistensi.

2. Jadikan ia seorang penolongMama harus membiasakan si kecil melakukan berbagai hal sendiri. Sebagai langkah awal, minta si kecil jadi asisten pribadi Maa di rumah. Minta anak untuk membantu Mama memasak atau membereskan mainan sebagai salah satu cara agar ia belajar mandiri. Tugas-tugas ini juga akan membuat anak memiliki rasa tanggung jawab. Bantu anak untuk berpikir bahwa di rumah ada orang lain yang juga membutuhkan bantuannya.Baca juga: 3 hal ini akan membuat anak manja

3.Membiarkan anak merasakan kekecewaanTidak selamanya apa yang anak rasakan adalah sebuah kebahagiaan. Ada kalanya anak perlu mengetahui rasanya kecewa. Mama jangan selalu membahagiakan anak, jika memang ada saat nya ia kecewa biarkan anak merasakannya. Misalnya ketika tidak jadi pergi ke suatu tempat karena alasan tertentu, Mama perlu menjelaskan pada anak bahwa tidak selamanya rencana dapat berjalan dengan baik. Dengan begitu, anak belajar mengendalikan diri dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi kendala.

4. Jangan terlalu banyak tawar menawarJika sudah ada aturan yang jelas, jangan memberikan peluang kepada anak untuk menawar. Anak akan menganggap bahwa segala sesuatu bisa dilakukan sesuai dengan keinginannya. Jangan mudah terpancing untuk memberikan iming-iming hadiah ketika ia menolak melakukan sesuatu. Ada baiknya Mama memberikan hadiah setelah ia melakukan prestasi yang tidak biasa ia lakukan.Baca juga: Anak manja, ini cara mengatasinya!

5. Jangan selalu mengatakan “tidak”Ternyata, tidak memberikan anak kelonggaran justru menyebabkan anak manja. Seorang anak yang banyak dilarang justru akan nekat untuk melakukan apa yang ia mau. Atau ia akan mencari perhatian dengan melakukan apa yang Mama larang. Jika ada permintaan yang wajar dan tidak buruk untuknya, tak ada salahnya untuk anak mencobanya. Hal ini dapat membantu untuk mencegah agar anak tidak manja.(Niken/What To Expect)