Positif Covid-19 dan Pilih Isolasi Mandiri Seperti Dewi Perssik, Ini Caranya

By Sheila Respati, Kamis, 31 Desember 2020 | 01:25 WIB
Ilustrasi keluarga lakukan isolasi mandiri di rumah. ()

Nakita.id – Saat ini siapa saja bisa terinfeksi Covid-19. Di Tanah Air, semakin banyak selebritas terinfeksi, seperti yang baru-baru ini diberitakan yaitu Dewi Perssik.

Seperti diketahui, Dewi Perssik menjalani isolasi mandiri setelah mengetahui dirinya terinfeksi virus corona. Bagi Moms yang juga mengalami situasi yang sama, positif Covid-19 dan disarankan untuk melakukan perawatan mandiri di rumah, tentunya bingung apa yang harus dilakukan.

berikut beberapa hal yang harus dilakukan menurut spesialis paru dari Rumah Sakit Premier Bintaro, dr. Astri Indah Prameswari, Sp.P, seperti dikutip dari GridHealth, Jumat (18/12/2020).

1. Sediakan oxymeter di rumah

Oxymeter merupakan alat untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah. Alat ini berbentuk klip dengan monitor kecil yang akan menunjukkan angka saturasi oksigen. Cara penggunaannya tinggal dijepitkan pada jari.

Oxymeter dapat menunjukkan jumlah oksigen yang terkirim ke seluruh bagian tubuh, terutama yang paling jauh dari jantung. Saturasi oksigen manusia normal berkisar antara 95-100 persen.

Baca Juga: Positif Covid-19, Nikita Mirzani Pilih Isolasi Mandiri dan Enggan Mencoba Vaksin Virus Corona: 'Gue Minum Vitamin Saja Deh!'

“Jika berada di bawah 90 persen dan tidak memiliki riwayat sakit paru-paru, pasien harus waspada,” ujar  dr Astri.

2. Gunakan nasal spray

Nasal spray dapat digunakan untuk membersihkan mukus pada area saluran pernapasan hidung. Hirup nasal spray sebanyak tiga kali sehari.

Anda dapat menemukan nasal spray di apotek. Sediakan beberapa di rumah mengingat frekuensi penggunaannya cukup sering.

3. Kumur secara teratur