Selama Pandemi, Tanamkan Perilaku Bersih dan Sehat pada Anak

By Sri Noviyanti, Kamis, 31 Desember 2020 | 01:53 WIB
Mencuci tangan untuk hilangkan virus corona (Freepik/jcomp)

Nakita.id – Pandemi Covid-19 membuat banyak orangtua khawatir anaknya terpapar virus. Apalagi bagi yang memiliki anak balita.

Pasalnya, balita belum begitu paham perilaku bersih dan sehat. Nah, untuk menanamkan perilaku tersebut, Moms dan si kecil bisa melakukan hal berikut. 

1. Biasakan konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral. Sayangnya,banyak balita yang sulit untuk mengonsumsinya. Tapi ingat, keinginan balita untuk meniru di usia ini sangat kuat.

Jadi Moms tidak perlu memaksanya. Cukup mencontohkan saja di depannya. Perlihatkan kalau konsumsi sayur dan buah itu menyenangkan dan membuat tubuh sehat. 

2. Berolahraga bersama

Rutin olahraga bersama keluarga adalah satu contoh hidup sehat yang perlu diterapkan. Apalagi di masa-masa pandemi seperti sata ini.

Baca Juga: Cuci Tangan Jadi Cara Efektif untuk Cegah Virus Corona, Begini Tips Mudah Mengajarkannya pada Si Kecil Sejak Dini

Dengan berolahraga, tubuh akan aktif bergerak. Tubuh yang aktif, baik untuk kesehatan tulang dan otot. Selain itu, olahraga juga dapat menekan risiko obesitas pada si kecil dan dapat mengaktifkan hormon pertumbuhan anak sehingga tumbuh kembangnya menjadi optimal.

3. Ajarkan cuci tangan pakai sabun

Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu cara untuk mencegah tubuh tertular virus dan infeksi.

Moms bisa memperkenalkan aktivitas ini pada si kecil sejak dini.  Biasakan mereka untuk selalu mencuci tangan setelah memegang sesuatu atau setelah main dari luar.

Di masa pandemi, selain cuci tangan pakai sabun, ajarkan juga protokol kesehatan yang lainnya, yakni memakai masker dan menghindari kerumunan saat harus keluar rumah.

Akan lebih baik kalau si kecil lebih banyak beraktivitas di rumah selama masa pandemi.