Jangan Komentar tentang Berat Badan Si Upik!

By Dini, Selasa, 14 Juni 2016 | 00:52 WIB
Jangan Komentar tentang Berat Badan Si Upik! (Dini)

Tabloid-Nakita.com - "Jangan pernah berkomentar tentang berat badan wanita!" Begitu mungkin Mama pernah mendengar. Khususnya, bila berat badan itu bertambah. Karena, dikomentari soal tubuh yang bertambah gemuk membuat perempuan jadi sensi.

Ternyata, komentar yang sama sebaiknya tidak dilontarkan pada anak perempuan kita. Jangan berkomentar tentang berat badan anak perempuan, karena komentar negatif mengenai penampilannya bisa membuatnya tidak bahagia dengan ukuran tubuhnya di kemudian hari. Demikian hasil penelitian dari Cornell Food and Brand Lab.

Penelitian tersebut mengungkapkan, kaum perempuan yang teringat orangnya pernah berkomentar tentang berat badan mereka cenderung menjadi orang dewasa yang gemuk. Mereka juga kurang puas dengan ukuran tubuh mereka."Berkomentar tentang berat badan perempuan bukan ide yang baik, meskipun mereka masih anak-anak," kata Profesor Brian Wansink, pemimpin studi ini. " Jika Anda khawatir tentang berat badan anak, tak perlu mengkritik mereka atau membatasi makanannya."

Lebih baik, menurut Wansink, dorong perilaku yang sehat dengan memberikan mereka kebebasan untuk memilih makanannya. Namun, berikan pilihan makanan sehat yang lebih menggugah selera. "Bagaimana pun juga, pilihan-pilihan yang dibuat anak itulah yang akan menumbuhkan kebiasaan jangka panjang mereka," tambah Wansink.Sebanyak 501 responden perempuan berusia 20 hingga 35 tahun ditanya mengenai citra tubuh mereka, sekaligus seberapa sering orangtua berkomentar mengenai tubuh mereka. Baik perempuan yang sehat maupun yang overweight yang mampu mengingat komentar orangtua ternyata kurang puas dengan berat badan mereka sebagai orang dewasa. Ini membuktikan bahwa komentar apa pun yang dilontarkan pada anak perempuan bisa merusak keyakinan diri mereka.Mereka yang memiliki indeks massa tubuh yang sehat punya kemungkinan 27 persen lebih kecil untuk mengingat komentar orangtua mereka daripada perempuan lain yang dikategorikan overweight.Dalam penelitian yang pernah dipublikasikan tahun lalu, disebutkan bahwa lebih baik kita tidak berkomentar tentang berat badan orang lain sama sekali. Stres akibat disadarkan akan bentuk tubuh yang tidak sempurna malah menghentikan mereka menganut gaya hidup yang sehat. Akibatnya, mereka malah terdorong untuk makan lebih banyak dan menambah berat badan.(Dini/The Daily Mail)