Tidak Bisa Jenguk Sahabat Lahiran Akibat Pandemi Covid-19, Berikan Kado Ini

By Hisnudita Hagiworo, Jumat, 1 Januari 2021 | 01:24 WIB
Ilustrasi melahirkan ()

Nakita.id - Selama pandemi ini pihak rumah sakit tidak mengizinkan pasien dijenguk oleh siapa pun. Begitu pula dengan pasien bersalin.

Mereka hanya diizinkan ditemani oleh satu orang pendamping selama masa perawatan setelah melahirkan. Hal tersebut membuat banyak keluarga dan sabahat dekat tidak bisa menjenguk ibu dan si bayi baru lahir.

Biasanya, mereka memutuskan untuk mengunjunginya di rumah setelah pulang dari rumah sakit.

Namun, tahukah Moms bahwa bayi baru lahir masih rentan terpapar virus sebab sistem imunnya belum sempurna? Moms tidak akan tahu jika ternyata menjadi carrier virus ke rumah sahabat.  

Maka dari itu, lebih baik Moms "mengunjunginya" secara virtual. Panggilan video menjadi lebih baik ketimbang mengunjunginya secara langsung.

Baca Juga: Bongkar Kado Lahiran, Anak Kartika Putri Kebanjiran Perhiasan hingga dapat Emas Batangan Bertuliskan 'Khalisa'

Selain itu, Moms masih bisa mengirimkan kado untuknya. Nah, jika biasanya orang memberikan kado untuk bayi, kali ini Moms bisa memberikan hadiah untuk sang ibu.

Berikut ide hadiah yang bisa diberikan untuk ibu yang baru melahirkan.

1. ASI BoosterSalah satu kebahagiaan seorang ibu baru adalah lancarnya air susu yang dihasilkan. Banyaknya air susu ibu (ASI) yang diproduksi akan dapat menutrisi si kecil.Maka dari itu, penting untuk membuat ASI selalu lancar. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi ASI booster. Kini, berbagai minuman dan makanan bisa menjadi penambah ASI bagi ibu menyusui.Anda pun bisa mengirimkan berbagai produk ASI booster untuk sahabatmu yang baru melahirkan, seperti susu almon, cookies, dan juga cemilan yang ia sukai. 

2. Buku MPASISalah satu hal yang dinantikan oleh ibu baru adalah saat mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Dalam masa tersebut, anak akan diberikan makanan pertamanya.Biasanya banyak ibu baru kebingungan dalam menyiapkan makanan untuk bayi usia 6 bulan. Meski di internet banyak sekali tips dan resep MPASI, lebih baik jika ibu mendapatkan resep yang tepat dari ahlinya.

Baca Juga: Sebelum Melahirkan Sudah Dinyatakan Positif Corona, Ibu Asal Singapura Ini Justru Lahirkan Bayi yang Punya Antibodi Covid-19, Begini Penjelasan AhliBuku MPASI yang ditulis oleh ahli nutrisi atau dokter spesialis anak pun bisa menjadi panduan yang tepat untuk mereka. Jadi, sebelum memasuki masa MPASI, kamu bisa memberikan buku MPASI tersebut supaya nantinya sahabat tidak akan bingung.

3. Voucher pijat untuk ibu dan bayiDi Indonesia ada tradisi pijat 40 hari untuk bayi baru lahir dan ibunya. Sebenarnya, hal ini untuk memberikan relaksasi untuk ibu yang lelah menghadapi kehidupan barunya.Bagi bayi, pijat menjadi salah satu cara untuk menstimulasi gerakan dan membantunya bertumbuh.Moms bisa memberikan voucher pijat untuk mereka lho. Namun, pastikan bahwa terapis dan tempat pijat tersebut sudah memenuhi protokol kesehatan selama pandemi ini.