Moms yang Kembali Ngantor di 2021, Ini Cara Jaga Diri di Kendaraan Umum

By Sheila Respati, Jumat, 1 Januari 2021 | 01:58 WIB
Ilustrasi kendaraan umum. (Shutterstock)

Nakita.ID – Meski pandemi Covid-19 belum selesai, di 2021 mayoritas perusahaan masih menerapkan skema bekerja dari rumah (work from home). Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan mengombinasikan work from home dengan work from office.

Jika perusahaan tempat Moms bekerja menerapkan skema yang kedua, artinya di tahun yang baru harus kembali siap menempuh perjalanan dari rumah ke kantor.

Bagi Moms yang tidak memiliki kendaraan pribadi, hal ini jadi sumber kekhawatiran. Sebab, sulit untuk menghindari kontak dengan benda-benda yang digunakan umum seperti gate untuk tap tiket, pegangan dalam bus atau KRL, hingga tempat duduk.

Menghindari kontak fisik dengan penumpang lain juga lumayan sulit meskipun sebagian penyedia layanan transportasi membatasi kapasitas penumpang hingga setengahnya.

Namun, jangan khawatir Moms, ikuti tips berikut supaya risiko terpapar Covid-19 di kendaraan umum bisa diminimalisasi.

1. Pastikan tubuh sehat

Jangan paksakan diri untuk datang ke kantor ketika tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat. Saat tubuh tidak sehat tandanya daya tahan tubuh berada pada kondisi yang kurang baik juga. Moms akan lebih rentan terinfeksi bakteri dan virus.

Selain itu, Moms juga berisiko menularkan penyakit yang diderita ke teman sekantor. Demi melindungi diri sendiri dan orang lain, sebaiknya langsung kabari atasan dan pilih opsi bekerja dari rumah.

Baca Juga: Moms, Ini Manfaatnya Mengajak Si Kecil Naik Transportasi Umum

2. Praktikkan 3M dengan ketat

Hingga saat ini protokol kesehatan memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan (3M) masih menjadi langkah pencegahan paparan Covid-19 yang paling efektif menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Moms sebaiknya lebih disiplin lagi menerapkan protokol 3M tersebut. Kalau perlu lengkapi perlindungan diri dengan memakai face shield dan pakaian lengan panjang. Jangan ogah repot.