Tampil Segar di Tahun Baru, Hilangkan Mata Panda dengan Bahan-bahan Ini

By Sheila Respati, Jumat, 1 Januari 2021 | 14:58 WIB
Kembalikan kecantikan mata tanpa lingkar hitam di bawah mata dengan cara sederhana ini (freepik)

Nakita.idMata adalah jendela hati. Begitu bunyi pepatah yang sering Moms dengar. Mata dapat menjadi sarana bagi orang lain untuk memahami perasaan, kondisi emosional, reaksi, dan maksud hati seseorang ketika kita berinteraksi dengannya.

Namun, mata ternyata bukan hanya memancarkan perasaan hati. Mengutip dari DailyMail.co.uk, Rabu (9/8/2017) sebuah studi menemukan bahwa mata  disebut sebagai bagian wajah yang paling memengaruhi tampilan wajah.

Ahli psikologi asal University of Winchester, Daniel Gill yang memimpin studi tersebut, ketika menentukan wajah seseorang menarik atau tidak, kebanyakan orang melihat pada bagian mata terlebih dulu, baru kemudian rambut, hidung, dan bibir. 

Hal ini ada benarnya. Moms pasti menyadari ketika area mata tampak segar, wajah akan terlihat lebih cerah dan sehat. Sebaliknya, jika area mata digelayuti kantung mata, kerut halus, dan lingkaran hitam, wajah akan terlihat sedih dan tidak sehat.

Di masa pandemi, tampilan mata yang segar juga penting karena menjadi satu-satunya bagian wajah yang terlihat akibat adanya ptotokol kesehatan yang mengaruskan memakai masker. 

Sulitnya, kulit di sekitar area mata bertekstur lebih lembut dan tipis sehingga kerut halus mudah timbul. Ketika otot di sekitar mata lelah, pembuluh darah di sekitar mata bisa jadi lebih gelap sehingga terjadilah yang disebut mata panda.

Baca Juga: Ingin Punya Bulu Mata Cantik? Cukup Gunakan Minyak Zaitun, Ini Caranya

Nah, supaya Moms dapat menyambut tahun yang baru dengan wajah yang cerah dan ceria, mari rawat area mata untuk menghilangkan kantung dan lingkaran hitam. Caranya tidak rumit karena bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah.

1. Kompres ketimun

Cuci muka dengan air hangat dan sabun yang lembut sehingga kulit tidak kering. Kemudian kompreskan potongan ketimun yang sebelumnya sudah didinginkan dalam kulkas.

Kompres selama 15 menit. Sensasi dinginnya akan membantu mata lebih rileks. Rasa lelah akibat terlalu banyak menatap layar laptop atau ponsel pun akan hilang.

2. Masker tomat