Agar Siap Kembali Bekerja, Lakukan Kegiatan-kegiatan Ini di Hari Terakhir Liburan

By Fathia Yasmine, Jumat, 1 Januari 2021 | 17:05 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah ()

Nakita.id - Liburan akan segera berakhir. Berarti, sudah saatnya Moms kembali atur strategi untuk menjaga produktivitas kerja.

Beranjak dari mode liburan ke mode kerja memang tidak mudah. Bahkan orang yang workaholic dan sangat mencintai pekerjaannya sekalipun sulit untuk mengatasi sindrom withdrawal dari liburan. Alhasil, hari-hari terakhir liburan dihabiskan dengan uring-uringan dan bermalas-malasan. 

Nah, Moms ternyata pilihan tersebut salah. Mengutip dari Forbes, sebelum memasuki hari kerja Anda sebaiknya melakukan aktivitas sederhana yang dapat membangkitkan semangat dan rasa positif terhadap pekerjaan. Berikut daftarnya. 

1. Meluangkan satu jam untuk mengorganisasikan pekerjaan

Kegiatan mengorganisir barang di akhir pekan dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan serta membuat perasaan lebih baik di esok hari. Sebab, aktivitas ini secara tidak langsung mengingatkan kembali pada kegiatan rutin yang sering dilakukan pada hari kerja.

Psikolog Christine M Allen mengungkapkan jika mengorganisir juga bisa mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi selama satu minggu ke depan.

"Luangkan waktu tidak lebih dari satu jam di hari Minggu untuk mengantisipasi hal-hal seminggu ke depan dan terorganisir akan membantumu agar tidak terlalu pusing serta menurunkan kecemasan," kata Christine. 

Baca Juga: Sering Bekerja di Tempat Tidur Selama WFH? Waspada 6 Bahaya Ini

Salah satu contohnya, yaitu dengan mencuci, menyiapkan menu masakan, atau merapikan lemari pakaian agar tak perlu mengacak-acak lemari pada hari kerja.

2. Menyiapkan dan memakan makanan sehat

Hari libur tidak harus dimaknai dengan makan makanan instan atau melakukan aktivitas yang mengonsumi asupan yang tidak sehat.

Justru hari Minggu merupakan hari yang ideal untuk mengonsumsi tiga makanan seimbang dan lezat, yang masing-masing mengandung protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks untuk memberi energi.