Waspada, Ini Tanda Anak Kecanduan Gadget

By Dini, Jumat, 10 Juni 2016 | 01:34 WIB
Waspada, Ini Tanda Anak Kecanduan Gadget (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Sejatinya, semua hal berbau teknologi diciptakan demi memudahkan manusia. Demikian pula gadget. Ada banyak manfaat yang kita dapat dari sebuah gadget. Tentang smartphone, kita dapat menggunakannya kapan dan di mana saja. Dengan koneksi internet, kita bisa melakukan apa saja dengan handphone canggih ini; bertukar pesan, menjelajah dunia maya, sampai membaca berita-berita terkini dari seluruh dunia.

Meski begitu, di balik manfaatnya, keterikatan pada gadget tanpa kenal waktu tentu menyimpan ancaman, yang terbesar adalah ”kecanduan”, ini juga berlaku pada anak-anak. Banyak anak di bawah 5 tahun yang sudah begitu akrab dengan gadget (berbentuk tablet).

Tak hanya terjadi di Indonesia, kondisi ini pun dialami hampir di seluruh dunia. Di Inggris, umpamanya, seorang anak perempuan berusia 4 tahun dilaporkan mengalami kecanduan iPad dan harus dirawat oleh psikiater. Gadis cilik ini digambarkan telah terobsesidengan iPad. Saat iPad-nya diambil, dia akan mengamuk, tidak dapat dihibur, dan tidak mampu mengontrol tingkah lakunya.

Kira-kira seperti itulah ciri anak yang kecanduan gadget. Mereka akan sangat terikat dengan perangkat itu dan ingin selalu bermain tanpa henti. Perilaku kecanduan ini juga ditandai dengan perasaan kurang nyaman, gelisah, cemas, dan marah/mengamuk saat gadgetnyadiambil. Berikut tanda-tanda anak kecanduan gadget lainnya:

* Waktu bermain cukup lama, di atas 6 jam.

* Obsesif. Anak akan marah, sedih, atau frustrasi kalau tidak bermain dengan gadget. Saat orangtua menolak meminjamkannya, anak bisa naik pitam. Demikian juga bila orangtua hendak mengambil gadget yang sedang dimainkan anak.

* Enggan bersosialisasi, anak lebih sibuk dengan gadgetnya.

* Rutinitas terganggu (malas makan/mandi).

* Bolos sekolah, lalai mengerjakan tugas sekolah. Berbagai pekerjaan rumah dibiarkan menumpuk tanpa tersentuh.

* Pola tidur terganggu. Ini karena anak senang bermain sampai larut malam.

Sepertinya tanda-tanda itu kerap dialami anak sehari-hari ya, Mam. Tapi amati bila hal itu terjadi terus-menerus, bisa jadi hal itu merupakan tanda anak kecanduan gadget.

(Saeful Imam)