Olahraga Paling Tepat untuk Anak Kegemukan

By Dini, Kamis, 9 Juni 2016 | 07:06 WIB
Olahraga Paling Tepat untuk Anak Kegemukan (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Khawatir dengan kondisi si balita yang mengalami kegemukan? Pastikan Mama mulai mengatur pola makannya, dan mulai mewajibkannya untuk berolahraga.

Penelitian di Australia menguak bahwa olahraga tepat untuk anak obesitas bukanlah berlari atau latihan di gym. Menurut Diane L Riddiford-Harland dari University of Wollongong, Australia, bersepeda dan berenang merupakan olahraga yang paling tepat untuk anak obesitas.

“Latihan terlalu berat seperti berlari atau mengajak anak ke gym akan membuat mereka lebih rentan mengalami cedera kaki. Untuk itu olahraga paling tepat adalah kegiatan yang tidak memberikan beban berat ke tubuh seperti bersepeda atau berenang,” tutur Diane.

Diane dan koleganya melakukan penelitian soal bentuk olahraga yang paling tepat untuk anak-anak dengan obesitas. Penelitian Diane dilakukan pada 34 anak dengan rentang usia 5 hingga 9 tahun. Ke 34 anak ini lalu dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok yang rutin melakukan latihan fisik, kelompok kedua adalah aktivitas fisik yang dilakukan bersama orangtua, dan ketiga kelompok yang tidak melakukan aktivitas fisik namun mengikuti program diet ketat.

Setelah 6 bulan, seluruh anak mengalami pertumbuhan tinggi dan pengurangan berat badan. Pengurangan berat badan terbesar terjadi di kelompok kedua. Hasil lainnya adalah tingginya angka cedera kaki pada anak-anak yang ada di kelompok pertama.

Diane menduga, hal ini terjadi akibat bentuk latihan fisik yang terlalu keras. Tulang dan otot anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan tidak cocok untuk melakukan olahraga-olahraga yang berhubungan dengan beban.

Jadi, berenang dan bersepeda merupakan olahraga tepat untuk anak obesitas. Sepertinya tidak akan terlalu sulit meminta si kecil melakukannya, kan? Yuk, ajak dia aktif bergerak mulai sekarang!

(*)