8 Kebiasaan Yang Membuat Anak Sukses Dan Bahagia

By Gisela Niken, Rabu, 8 Juni 2016 | 00:45 WIB
8 Kebiasaan Yang Membuat Anak Sukses Dan Bahagia (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Setiap orangtua pasti ingin punya anak yang sukses di kemudian hari. Mama bisa menumbuhkan hal tersebut sejak dini lo. Ada beberapa kebiasaan yang dapat menjadi cara membuat anak sukses. Empati menjadi hal dasar yang bisa Mama terapkan agar si kecil bisa meraih kesuksesan dan tentunya berbahagia dengan kesuksesan tersebut. Hal ini bisa dimulai dari 9 kebiasaan baik berikut ini.

1.Mengenali perasaanKecerdasan emosi harus ditanamkan oleh Mama sejak dini. Si kecil harus memahami emosi yang bisa saja keluar seperti marah dan kecewa. Ia juga perlu memahami bahwa emosi tersebut tidak hanya ia rasakan tapi bisa dirasakan oleh orang lain

2.Belajar peduliSejak kecil, ajarkan pada anak untuk peduli lingkungan sekitarnya seperti membuang sampah di tempatnya. Hal ini akan membuat si kecil punya tanggung jawab sehingga ia bisa melakukan aneka tugas dan pekerjaan dengan mudah.Baca juga: Anak ASI lebih pintar, sukses dan kaya

3. Tidak memandang perspektif sendiriCobalah untuk menjelaskan pada si kecil bahwa hidup harus berdampingan dengan orang lain. Jika orang lain membuat ia kesal, katakan padanya bahwa setiap orang punya keperluan dan kepentingan sendiri sehingga ia tidak boleh memaksakan apa yang ia anggap benar.

4. Mengembangkan imajinasiKesuksesan ternyata dimulai dari imajinasi. Membaca merupakan cara paling mudah untuk mengembangkan imajinasi. Kebiasaan membaca sejak kecil akan membantu anak mudah berimajinasi. Jangan membiasakan anak sering menonton televisi karena akan membatasi imajinasi mereka.

5.Mengelola emosiMengontrol emosi sendiri dan memahami emosi orang lain akan membantu keterampilan sosial. Hal ini akan membuat anak tidak jadi pribadi yang individualis. Orang yang sukses pasti memiliki kemampuan sosial yang baik.

Baca juga: Agar anak sukses berteman6. Belajar menyayangiKasih sayang layaknya sebuah otot dalam tubuh. Ia yang menggerakan kerja tubuh. Untuk itu, Mama harus membiasakan adanya kasih sayang di rumah. Jangan biarkan anak tidak merasakan kasih sayang saat berada di rumah.

7. Bekerja sama dengan orang lainSejak kecil ada baiknya si kecil dibiasakan untuk bisa bekerja sama dengan orang lain. Mulai dengan anggota di rumah seperti kakak atau adik. Kerja sama akan mengajarkan pada anak bagaimana harus mengatasi perbedaan ketika bekerja dengan orang lain.Baca juga: 7 tipe orangtua yang bakal punya anak sukses

8.Mengajarkan moralJangan membiarkan anak tidak memiliki moral sejak kecil. Mama bisa memulai dengan hal sederhana seperti mengajarkan kata maaf dan terima kasih. Moral yang ditanamkan sejak kecil akan dengan mudah menumbuhkan kasih sayang pada dirinya dan menjadi salah satu cara membuat anak sukses.(Niken/Psychology Today)