Si Kecil Sakit Perut Tanpa Alasan Jelas? Obati Dengan Probiotik

By Gisela Niken, Selasa, 7 Juni 2016 | 04:30 WIB
Si Kecil Sakit Perut Tanpa Alasan Jelas? Obati Dengan Probiotik (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sakit perut menjadi salah satu penyakit langganan anak. Si kecil bisa saja tiba-tiba mengalami sakit perut tanpa alasan yang jelas. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan cara mengatasi sakit perut pada anak yakni dengan memberikan makanan yang kaya probiotik. Yogurt menjadi salah satu makanan kaya probiotik yang bisa Mama gunakan sebagai obat sakit perut.Baca juga: 8 hal yang tidak boleh dilakukan saat perut kosong 

Para peneliti melihat bahwa anak-anak kerap kali mengalami nyeri perut fungsional. Artinya, sakit perut tersebut tidak memiliki alasan yang jelas. Kondisi ini merupakan masalah yang sering dialami oleh anak di seluruh dunia. Para peneliti dari University of Central Lancashire School of Medicine di Inggris ini melakukan penelitian untuk mendapatkan jawaban dari masalah ini.

American College of Gastroenterology mengatakan sekitar seperempat dari anak di dunia pernah mengalami kondisi nyeri perut tanpa alasan yang jelas. Menurut para peneliti, pencernaan menjadi penyebab yang paling sering terjadi. Penelitian terbaru ini mencoba mencari obat yang cocok untuk kondisi umum ini. Probiotik atau bakteri baik bisa membantu anak-anak dari masalah nyeri perut.Baca juga: Perut anakku buncit, berbahayakah?

Para peneliti menganalisis informasi dari stud-studi sebelumnya. Sekitar 700 anak dari usia 4 hingga 18 tahun memiliki sakit perut fungsional. Pada penelitian ini, anak-anak diberikan probiotik selama 4 hingga 15 minggu. Hasil penelitian ini pun menunjukkan probiotik memang dapat mengurangi gejala sakit perut fungsional. Anak yang mengonsumsi probiotik mengalami penurunan sekitar dua pertiga dari rasa sakit yang mereka rasakan. Intensitasnya pun menjadi turun.“Saya pikir probiotik memang obat yang cocok sebab probiotik juga tidak memiliki efek samping yang berarti,” kata Gordon dalam pertemuan Digesitve Disease Week, sebuah pertemuan ilmiah yang membahas penyakit pencernaan.Baca juga: Perut anak sering bunyi, pertanda apa?

Sekarang, Mama bisa memberikan probiotik sebagai cara mengatasi sakit perut pada anak. Probiotik juga memiliki fungsi memberikan keseimbangan pada bakteri usus. Selain itu, probiotik dapat mengurangi peradangan serta meningkatkan gerakan usus untuk mengurangi timbulnya nyeri.

(Niken/Fox News)