Anak Yang Gemuk Tidak Selalu Sehat

By Gisela Niken, Kamis, 2 Juni 2016 | 04:20 WIB
Anak Yang Gemuk Tidak Selalu Sehat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak orangtua yang merasa aman-aman saja ketika anak punya berat badan berlebihan. Tidak semua anak gemuk menunjukkan bahwa ia sehat. Cobalah melihat apakah ada lemak  berlebihan di perutnya atau ukuran pakaian yang tidak normal. Hal tersebut menunjukkan hal yang tidak normal. Berikut yang harus Mama lakukan jika anak terlalu gemuk.Baca juga: Anak gemuk susah disunat?

Salah satu hal yang mudah untuk Mama lakukan adalah mendorong anak lebih aktif. Selama satu hari, minimal anak harus bergerak selama 3 jam. Bukan berarti selama 3 jam berturut-turut si kecil harus bergerak. Cobalah membuatnya terus aktif sepanjang hari saat ia tidak tidur. Salah satu caranya adalah meletakkan mainan di lantai agar anak bergerak dan bermain dengannya. Lalu, apakah anak harus melakukan diet?

Sebenarnya Mama tidak perlu melakukan diet pada anak. Sementara waktu, Mama hanya perlu menjaga berat badannya sebab ia masih dalam masa pertumbuhan khususnya dalam  tinggi badan. Untuk itu, Mama perlu mencatat dan memantau apa yang ia makan termasuk apa yang ia minum. Hal ini akan membantu Mama untuk mengatur pola makannya dan menyesuaikan waktu untuk camilan. Camilan yang manis dan berMSG menjadi penyebab anak yang kegemukan.Baca juga: Agar anak tak gemuk, gunakan 5 pemanis alami ini

Pilihlah menu makanan ringan yang sehat seperrti buah-buahan. Makanan ringan dalam kemasan biasanya mengandung gula dan lemak yang tinggi. Jika anak maih mengonsumsi susu, seharusnya anak minum 350 ml hingga 500 ml susu sehari. Kelebihan berat badan bisa jadi disebabkan oleh susu. Minuman banyak yang mengandung gula sehingga membuat anak tidak mau makan dan justru hanya mendapatkan gizi dari gula.

Buah dan sayur di setiap waktu makan menjadi penting bagi anak yang terlalu gemuk. Terdapat kandungan vitamin, mineral, serat dan juga rendah kalori. Mama juga bisa mencampur sayuran  ke dalam makanan kesukaannya. Mama juga jangan khawatir jika anak tidak makan banyak pada satu kali makan. Si kecil punya ukuran perut yang kecil sehingga tidak bisa langsung mengonsumsi banyak makanan. Bantu anak untuk mengukur rasa lapar dan kenyang agar ia makan sesuai dengan porsinya.Baca juga: 5 mitos yang bikin anak kegemukan

Pola makan sehat ini tidak hanya ditujukkan bagi anak yang terlalu gemuk. Setiap anak perlu memiliki pola makan yang seimbang agar di kemudian hari ia bisa menjaga berat badannya. Jangan terbiasa memaksa anak untuk menambah porsi makanan. Terlalu banyak makanan akan membuat anak mudah lapar dan terus makan.(Niken/Baby Center)