Panduan Mengobati Anak Sakit Di Rumah

By Gisela Niken, Rabu, 1 Juni 2016 | 05:25 WIB
Panduan Mengobati Anak Sakit Di Rumah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ada kalanya anak menderita sakit ringan yang bisa diobati di rumah. Ada beberapa cara mengobati anak sakit di rumah yang perlu Mama tahu. Cara ini bisa menjadi pertolongan pertama di rumah. Namun, tidak selamanya penyakit yang anak derita bisa diobati sendiri di rumah. Berikut panduan yang harus Mama ketahui dan lakukan saat mengobati anak sakit di rumah.Baca juga: Obat alami ini ampuh atasi sakit gigi pada anak

Sebelum memilih obat-obatan, Mama sebaiknya mengetahui dosis yang tepat untuk si kecil. Obat-obatan sangat berbahaya jika Mama tidak teliti dan dapat menyebabkan aneka komplikasi yang malah memperburuk keadaan. Sebaiknya, Mama tidak asal memberikan obat yang tidak sesuai dengan resep dokter.

Lebih baik gunakan cara tradisional untuk meredakan sakitnya. Misalnya saat anak merasa sakit gigi karena ada gigi tumbuh. Masukkan sendok ke dalam kulkas. Setelah dingin, masukkan sendok ke mulut agar si kecil merasakan nyeri yang berkurang. Mama juga bisa memberikan makanan yang dingin seperti es krim yang akan memberikan rasa nyaman pada gigi.Hal serupa bisa Mama lakukan untuk mengatasi si kecil yang sakit telinga. Siapkan kain dan teteskan beberapa minyak esensial. Panaskan kain tersebut lalu lap bagian telinga.Baca juga: Mengapa anak sakit setelah kehujanan? Ini alasannya!

Mama juga bisa membuat obat-obat untuk luka di kulit seperti luka bakar. Saat si kecil menderita luka bakar ringan, Mama bisa membuat cairan sendiri untuk mengobatinya. Campurkan baking soda dan cuka kemudian gosok campuran tersebut ke area luka. Ingat, obat ini bisa Mama berikan pada luka bakar dengan skala kecil.

Selain luka bakar, air baking soda juga bisa menyembuhkan luka beset yang berukuran kecil.Tahukah Mama bahwa Mama bisa mengatasi radang tenggorokan dengan marshmellow? Cobalah untuk memberikan si kecil marshmellow yang polos alias tanpa pewarna atau pemanis tambahan untuk meredakan tenggorokan yang terasa gatal.

Batuk juga menjadi penyakit langganan anak. Cobalah mengusapkan balsem pada telapak kakinya dan pakaikan si kecil kaus kaki hingga ia merasa hangat.Pusing dan sakit kepala juga sering dirasakan anak. Coba memijat bagian di telapak tangan antara jempol dan jari telunjuk untuk mengurangi rasa sakit di kepala.Baca juga: Anak sakit maag, apa saja pemicunya?

Ada banyak cara mengobati anak sakit di rumah. Namun, Mama harus segera membawa si kecil ke dokter jika ada banyak keluhan yang ia terima seperti demam disertai mual. Merawat anak di rumah hanya untuk gangguan kecil yang bisa diselesaikan dalam satu ingga dua hari saja.(Niken/Pop Sugar)