Sering Titipkan Anak ke Nenek, Baikkah?

By Ipoel , Rabu, 19 Agustus 2015 | 23:00 WIB
Sering Titipkan Anak ke Nenek, Baikkah? (Ipoel )

MENITIPKAN BALITA PADA KAKEK-NENEK

DEAR IBU MAYKE, ORANGTUA SAYA TINGGAL DEKAT RUMAH. RENCANANYA SAYA AKAN MENITIPKAN SI KECIL (3) BERSAMA PENGASUHNYA, LALU SORE HARI DIJEMPUT LAGI. SEBELUM MENITIPKAN, KIRA-KIRA BATASAN APA YANG PERLU SAYA BICARAKAN DENGAN ORANGTUA SUPAYA TIDAK ADA SALAH PENGERTIAN DAN JUGA NANTINYA TIDAK MEMBUAT SI KECIL BINGUNG KALAU ADA PERBEDAAN PERLAKUAN? MENURUT IBU, TEPATKAH TINDAKAN SAYA MENINGGALKAN BALITA PADA ORANG LAIN, MESKIPUN ITU KAKEK-NENEKNYA? TERIMA KASIH ATAS SARANNYA.

WIDHI SETIAWAN – JAKARTA

Menitipkan  anak 3 tahun pada kakek-neneknya, tidak apa-apa, sejauh mereka bisa membesarkan dan mendidik si kecil dengan kasih sayang. Juga, bersikap tegas kalau si kecil mulai merajuk untuk memaksakan kehendaknya. Kerja sama antara orangtua dengan kakek-nenek untuk menerapkan aturan main yang berlaku sehari-hari memang penting. Sebaiknya hal ini dibicarakan sejak sekarang agar tidak timbul kesalahpahaman di antara dua pihak.

          Apabila Ibu hendak menitipkan anak pada kakek-nenek, perlu dijelaskan apa alasan menerapkan aturan main tertentu dan mengapa perlu kekompakan dalam melaksanakannya. Memang tujuannya agar anak tidak bingung dan tidak menjadi cemas, sebab dia bertanya-tanya,  aturan dari siapa yang harus dia ikuti, dia pun menaruh harap,  apakah “saya” bisa mengatur orang-orang tertentu? Dengan demikian, anak merasa mantap dan tenang  karena aturan yang sudah ditetapkan bersama bisa ia penuhi.

 

Asuhan:Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI.Play Therapist dan Psikolog