Ini Dampak Bila Anak Sering Dimarahi

By Ipoel , Selasa, 18 Agustus 2015 | 23:00 WIB
Ini Dampak Bila Anak Sering Dimarahi (Ipoel )

DAMPAK ANAK SERING DIMARAHI

IBU MAYKE, BAGAIMANA PSIKOLOGIS ANAK JIKA DARI KECIL SERING DIMARAHI? APAKAH AKAN TERBAWA SAMPAI DIA BESAR NANTI, SEHINGGA NANTI BESARNYA JADI PEMARAH JUGA? SAYA PUNYA KEPONAKAN (7) YANG SELALU DIMARAHI IBUNYA (KAKAK SAYA). SAYA SUKA KASIHAN MELIHATNYA. SAYA JUGA SERING MENEGUR KAKAK, TAPI KAKAK SAYA CUEK. MOHON SARAN IBU MAYKE BAGAIMANA CARA MEMBERITAHU KAKAK DAN MENGHIBUR KEPONAKAN. SAYA TINGGAL DENGAN MEREKA. TERIMA KASIH.

ESTI WULANDARI - SEMARANG

 

Mbak Esti, bila anak sering dimarah tanpa alasan yang jelas, tentu saja akan berdampak pada kehidupan selanjutnya. Reaksi pada setiap anak bisa berbeda, bergantung pada faktor kepribadian dan pengalaman hidupnya.     Ada dua dampak yang bisa terjadi, yaitu: 1) Masalah yang berkaitan dengan diri pribadi (mudah cemas, panik, tidak yakin diri, tidak berani mengekspresikan diri, tertutup); atau 2) Masalah yang berkaitan dengan di luar dirinya/anak akan mengganggu lingkungannya (pemarah, agresif, destruktif, mencari perhatian/acting out, dan sejenisnya).

        Untuk memberitahu kakak, bisa meminta bantuan orang lain yang mau didengar oleh kakak. Akan tetapi faktor kepribadian kakak ikut berperan. Mungkin dia menjadi pemarah karena ada ketidakpuasan dalam hidupnya, jadi sumber masalah ini harus diselesaikan, bisa dengan bantuan ahli. Yang penting, kakak mau berubah demi kebaikan diri dan keluarga/orang lain.

 Asuhan:Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI.Play Therapist dan Psikolog