Cara Agar Anak Tak Kecanduan Games

By Ipoel , Rabu, 12 Agustus 2015 | 23:00 WIB
Cara Agar Anak Tak Kecanduan Games (Ipoel )

TANYA:

IBU MAYKE, BAGAIMANA MENANGANI ANAK YANG KECANDUAN GAMES? BARU-BARU INI, SAYA MEMERGOKI ANAK LELAKI SAYA (10), TERNYATA DIA SERING BERMAIN KE TEMPAT PENYEWAAN VIDEO GAME. RUPANYA SELAMA INI DIA RELA TIDAK JAJAN DI SEKOLAH, KARENA UANG DIPAKAI MAIN GAME. SAYA GEMAS, KECEWA, DAN MARAH. PERTAMA, KARENA MERASA DIBOHONGI. KEDUA, SAYA KHAWATIR DIA SUDAH KECANDUAN. BAGAIMANA CARA AGAR ANAK TAK KECANDUAN GAMES. MOHON DENGAN SANGAT JAWABAN IBU MAYKE.

Zaenab Suari – Banjarmasin

JAWAB:

Seseorang dinyatakan kecanduan games bila menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:

(diunduh dari http://www.video-game-addiction.org/symptoms-computer-addiction-teens.html)

          Guna mengatasi  agar anak tak kecanduan games, Ibu perlu lebih ketat mengawasi anak, lalu cari tahu, apakah dia mengalami tekanan dalam hal pelajaran sekolah (terlampau sulit) atau tekanan dari teman (dikucilkan). Biasanya anak-anak yang pendiam dan kurang bergaul cenderung lebih mudah kecanduan.

          Perbanyak kegiatan anak dalam bidang olahraga atau seni, sehingga  fokus perhatian anak dialihkan dari games ke aktivitas lain. Kalau perlu, ikut sertakan anak dalam kegiatan camping selama beberapa hari agar dia bisa merasakan pengalaman nyata, bukan hanya dari layar kaca yang sering kali tidak nyata sebab games hasil rancangan manusia.

          Apakah anak melarikan diri bermain games karena dia merasa kesepian di rumah? Tidak ada yang menemaninya selama ibu dan ayahnya bekerja?  Jadi perlu diteliti, faktor-faktor yang menyebabkan dia mulai menunjukkan gejala kecanduan games.  Apabila Ibu dan suami merasa kewalahan menangani anak, coba meminta bantuan ahli Psikolog Klinis Anak di kota Banjarmasin.  Salam dan semoga ada jalan keluar untuk menangani anak.

Dra. Mayke Tedjasaputra, MSI., Play Therapist dan Psikolog