Hobi Tidur Larut Malam

By Santi Hartono, Jumat, 8 Mei 2015 | 05:00 WIB
Hobi Tidur Larut Malam (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com.-

TANYA:

Ibu Mayke yang terhormat, anak saya (2,4) hobi tidur larut malam. Sudah saya ajak ke kamar, saya dongengi sambil saya peluk enggak tidur-tidur juga. Saya tidak mau tidur malam ini jadi kebiasaannya. Bagaimana ya, Bu, cara mengatasinya? Mohon saran.Bunda Zaki - Jakarta

JAWAB:

Seberapa malam anak baru bisa tidur? Apakah di atas pukul 10 malam? Sayangnya Ibu tidak menjelaskan, apakah anak terbiasa tidur siang, berapa lama dia tidur siang? Mengubah pola tidur siang merupakan cara yang paling memungkinkan untuk mengubah jam tidur malam. Buatlah anak aktif melakukan kegiatan di pagi hingga sore sehingga diharapkan dia bisa tidur lebih cepat. Diusahakan sekitar pukul 8 atau 9 malam sudah tidur. Matikan lampu kamar dan TV di ruang keluarga, sehingga anak terkondisi untuk mengenali tanda-tanda bahwa waktu tidur telah tiba. 

   Penyebab lain, apakah dia ingin tidur larut malam sebab itu merupakan satu-satunya waktu untuk bertemu dengan orangtuanya yang bekerja seharian? Sedemikian bersemangatnya anak sehingga rasa kantuk pun hilang. Atau, adakah seseorang yang dia tunggu kedatangannya, misalnya ayah, sehingga dia tidak mau tidur lebih cepat? Kalau penyebabnya karena dia ingin memanfaatkan waktu menjelang tidur malam sebagai satu-satunya kesempatan untuk bercengkerama dengan orangtuanya, maka coba puaskan kegiatan bermain di pagi hari sebelum orangtua berangkat kerja. Jadi, untuk mengatasi anak yang tidak mau segera tidur, Ibu bisa menyiasatinya sesuai dengan penyebabnya.

Asuhan: Dra. Mayke Tedjasaputra, MSI., Play Therapist dan Psikolog