Tak Bisa Diam

By Santi Hartono, Rabu, 6 Mei 2015 | 06:00 WIB
Tak Bisa Diam (Santi Hartono)

TANYA:

Ibu Mayke yang baik, jagoan saya (3) tidak bisa duduk diam kalau diajak ke suatu acara/tempat umum. Kadang suka cari perhatian, ada-ada saja tingkahnya yang membuat saya naik darah. Kalau dilarang malah menjerit-jerit sampai menangis. Bagaimana ya cara menyikapinya agar dia bisa bersikap tenang seperti anak-anak lain?Erica – via facebook

JAWAB:

Erica, biasanya anak-anak usia toddler dan prasekolah tidak betah disuruh duduk diam, apalagi kalau kegiatannya membosankan. Walaupun ada pula anak yang bisa duduk manis dan tidak merongrong ibunya ketika menghadiri suatu acara di gereja, masjid, pesta, dan lain-lain. Agar anak bisa lebih tenang, biasanya perlu membekali anak dengan mainan atau buku cerita yang dia gemari, sehingga perhatiannya akan tercurah pada mainannya. 

Hal lain yang menyebabkan anak terlihat aktif di tempat umum atau suatu acara adalah karena dia tertarik dengan situasi baru. Anak ini termasuk pemberani dan ingin menjelajahi lingkungan baru tersebut, serta belum mengenal bahaya. Cara mengatasinya adalah bolehkan dia berjalan, berlari, kalau kondisinya memungkinkan. Cukup mengawasinya dari kejauhan dan beritahu apa yang boleh dia lakukan, seberapa jauh dia boleh berlarian, dan tunjukkan pada anak batas jarak yang boleh dia jangkau. Peraturan lain, misalnya, boleh jalan-jalan tapi tanpa berteriak-teriak sebab orang lain akan terganggu. Dari pengalaman tersebut, anak akan belajar bahwa ada batasan yang perlu dia ikuti, dan di sisi lain, anak pun tidak sering dilarang melakukan apa yang menjadi kebutuhannya saat itu (eksplorasi).

Asuhan: Dra. Mayke Tedjasaputra, MSI., Play Therapist dan Psikolog