Belum Bisa Bicara

By Santi Hartono, Jumat, 10 April 2015 | 03:00 WIB
Belum Bisa Bicara (Santi Hartono)

TANYA:

Bu Mayke, saya perhatikan anak lelaki saya (2) kalau minta apa-apa hanya menunjuk jika menginginkan sesuatu, alias belum bisa bicara. Jika saya bandingkan dengan anak seusia dia, anak lain sudah bisa mengucapkan kata-kata dan menunjuk sesuatu. Tetapi dia mengerti apa yang kita katakan. Apakah anak saya termasuk anak yang memiliki gejala autisme? Mohon jawaban Ibu Mayke.Sastra  Kumala – Makasar

JAWAB:

Maaf sekali Ibu, saya tidak bisa memastikan apakah putra Ibu termasuk penyandang autisme atau bukan. Berdasarkan gejala yang disampaikan, yaitu belum bisa berbicara, namun bisa mengerti pembicaraan, maka kemungkinan besar tidak termasuk dalam kelompok autisme.

Beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan:  apakah proses melahirkan berjalan dengan normal, apakah anak langsung menangis? Apakah di usia sekitar 2—3 bulan, anak suka berceloteh ketika diajak berbicara? Kemudian pada usia antara 6—8 bulan anak suka meraban (mengeluarkan bunyi suara, misalnya, “baba”, “tata”, “dada”)? Berceloteh, meraban, merupakan tahap perkembangan awal dari perkembangan bahasa. Apakah ketika diajak berbicara, matanya menatap lawan bicaranya? Apabila jawaban untuk semua pertanyaan tersebut adalah “ya”, maka seharusnya dari sudut perkembangan, anak ini tidak mengalami masalah. 

Anak yang belum bisa bicara di usia tertentu sebaiknya segera ditangani agar tumbuh kembangnya tidak terhambat.Saya sarankan agar sesegera mungkin Ibu memeriksakan anak ke Bagian Tumbuh Kembang Anak, sehingga bisa ditangani dengan sebaik-baiknya dan segera mendapatkan solusi, treatment apa yang perlu diikuti oleh anak.

Asuhan: Dra. Mayke Tedjasaputra, MSI., Play Therapist dan Psikolog