Anak Takut Pada Guru

By Ipoel , Senin, 2 Februari 2015 | 10:00 WIB
Anak Takut Pada Guru (Ipoel )

Anak Takut Pada Guru

Bu Mayke, anak bungsu saya, Lantip, agak manja. Anak takut pada guru. Akhir-akhir ini ia mengeluh tidak suka pelajaran agama karena gurunya sering membentak-bentak dan sering menyuruh mengulang-ulang untuk membacanya. Akhirnya anak bosan dan merasa ketakutan setiap kali akan ulangan agama. Padahal jika dibentak mamanya bagaikan angin lalu saja, mungkin karena seringnya saya ceriwis. Tapi kenapa orang lain yang membentak, dia menjadi sensitif dan berakhir ingin mogok sekolah? Bagaimana mengatasinya? Anak saya kelas 4 SD dan sekolahnya fullday. Mohon penjelasan ibu Mayke agar anak tak takut pada guru. Tatit Ujiani - JakartaAnak takut pada guru. Bu Tatit, jelas-jelas anak akan mundur dari kegiatan belajar yang penuh ancaman. Bahwa Anda memanjakannya, sangat besar kemungkinannya hal ini ikut menyumbang terhadap perilaku anak yang menghindar dari tugas yang sulit. Di sisi lain, seharusnya guru membuat anak menyenangi pelajaran yang sedang dipelajarinya dan bukan membentak-bentak. Anda pun selaku ibunya tidak usah membentak-bentak dan sekaligus memanjakan, hal ini menimbulkan kebingungan pada anak, apakah ibunya mengasihi dia ataukah tidak.

Ketika anak mengalami kesulitan dalam pelajaran agama, sebaiknya Ibu membantu dengan mencari tahu di mana letak kesulitannya dan bukan dengan marah-marah, sebab anak akan semakin frustrasi. Apakah dia belum terlalu hafal dengan huruf-huruf Arab ataukah ada hal lainnya? Bila ini yang menjadi penyebab, berarti dia perlu banyak berlatih.

Dalam rangka membantu anak bersemangat kembali untuk sekolah, saya anjurkan untuk sementara waktu terpaksa mencari seseorang yang bisa menjelaskan pelajaran agama. Apakah kesulitan yang dialami anak Ibu hanya dalam pelajaran agama atau juga dalam pelajaran lainnya?  Bila jawaban untuk pertanyaan  terakhir adalah “ya”, maka memerlukan konsultasi pada ahlinya. Jadi, Ibu diharap mampu mencari jalan keluar dengan pikiran yang positif. Selamat berjuang. Semoga masalah anak takut pada guru dapat diatasi.

Asuhan:Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI.Play Therapist dan Psikolog