Kakak Suka Menggoda Adik

By Ipoel , Rabu, 28 Januari 2015 | 09:00 WIB
Kakak Suka Menggoda Adik (Ipoel )

Kakak Suka Menggoda Adik

TANYA:

Salam Ibu Mayke. Anak saya yang pertama, laki-laki (6) sering banget isengin adiknya, juga laki-laki (1,5). Kakak suka menggoda adik. Biasanya kejadian ini saya biarkan dulu agar adiknya bisa melakukan perlawanan. Tapi kalau adiknya sampai menangis, saya suka mengambil tindakan buat kakaknya karena kalau hanya dilarang dengan kata-kata suka tidak mempan. Misalnya, dengan memberi hukuman. 

Apakah dengan tindakan saya ini si kakak akan berpikir bahwa Mama lebih membela/lebih sayang kepada adik daripada dirinya? Herannya, Bu, meski sudah dihukum, kakak tidak ada kapoknya mengisengi adik, sepertinya kayak menyimpan dendam. Mohon penjelasan Ibu Mayke. Erri Idrus – via facebook

JAWAB:

Salam kenal Erri. Kakak suka menggoda adik. Sepertinya si kakak menikmati reaksi adik setelah dia berbuat iseng, entah adik menangis, berteriak, atau tertawa-tawa. Saya menduga, si kakak ingin mencari perhatian sebab merasa  bosan  di rumah, tidak ada yang mengajaknya menyibukkan diri dengan sesuatu. 

Untuk mengatasinya, cobalah isi dengan aktivitas bermain di rumah. Ajak si kakak bermain permainan yang menggunakan aturan, atau merekayasa barang bekas menjadi bentuk tertentu, membuat prakarya, bermain sepeda, dan permainan olahraga lainnya. Kegiatan lainnya adalah mengajak kakak dan adik bermain bersama-sama, yang bisa diikuti oleh adik, misalnya memecahkan busa sabun (bubbles) yang ditiupkan oleh ibu; meniup kapas yang diletakkan di lantai, siapa yang bisa meniup paling jauh jaraknya; bermain menggelindingkan bola, menangkap dan melempar. Itu beberapa saran mengenai aktivitas untuk kakak dan adik. Semoga bermanfaat. Salam.