Manfaatkan Waktu #FamilyQuality di Rumah untuk Kembangkan Kemampuan Sosial Si Kecil, Begini Caranya

By Nita Febriani, Rabu, 17 Februari 2021 | 16:00 WIB
#FamilyQuality untuk mengasah kemampuan sosial Si Kecil di rumah (freepik)

Nakita.id - Kemampuan sosial serta keterampilan untuk berinteraksi di lingkungan sosial identik dengan hubungan kita dengan orang lain.

Pada dasarnya kemampuan sosial anak-anak bisa diasah tak perlu pembelajaran khusus.

Hanya dengan bermain bersama teman sekelas atau teman sebaya di lingkungan rumah, Si Kecil bisa secara alami fokus pada keterampilan mendengarkan, berinteraksi, dan terlibat aktif secara sosial.

Sayangnya akibat pandemi Covid-19, kita dan Si Kecil diharapkan untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

Baca Juga: Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Pilih #FamilyQuality ke Bali Bawa Si Kecil, Ini Tips Aman Pergi ke Luar Kota Saat Pandemi

Hal ini tentu menjadi pertanyaan bagi para orangtua tentang bagaimana Si Kecil bisa meningkatkan kemampuan sosial bila interkasinya dengan orang lain saat ini sangat terbatas.

"Setiap orang dapat belajar membaca, menulis, dan matematika dari rumah," kata Jaclyn Shlisky, seorang psikolog klinis dan ibu tiga anak, termasuk seorang anak TK yang sekarang bersekolah di rumah.

"Meskipun tidak ideal, ini bisa dilakukan, tetapi keterampilan sosial datang secara alami untuk anak-anak melalui pemodelan dan pengalaman yang mereka dapatkan ketika mereka berada di lingkungan kelas dan di taman bermain atau berinteraksi dengan orang dewasa lain, seperti guru," tambahnya.