Lelah Setelah Seharian Mengasuh Anak? Cara Ini Bikin Semangat Lagi!

By Radita Milati, Selasa, 30 Januari 2018 | 13:34 WIB
Stamina Mental ()

Nakita.id - Di zaman seperti sekarang ini sudah tidak asing lagi jika menemukan sosok Moms yang melakoni dua peran sekaligus. 

Berperan sebagai Ibu rumah tangga dengan segudang kesibukan untuk mengasuh anak dan membereskan segala kebutuhan rumah, dan terkadang ikut bekerja membantu suami mencari nafkah. 

Meskipun demikian, mejalani dua peran secara bersamaan memang tidak mudah ya Moms, tak pelak ada saja yang mengalami penurunan stamina mental

BACA JUGA: Biarkan Bayinya Kelaparan Hingga Meninggal, Seorang Ibu Malah Berpesta Selama Seminggu

Kelelahan mental atau biasa disebut fatique, adalah keadaan dimana tubuh dan jiwa terasa letih bukan hanya sekedar lelah, tetapi juga lesu dan tidak bergairah, sehingga keadaan fisik dan atau mental menjadi mudah lelah dan lemah. 

Perlu diperhatikan Moms, meskipun kelelahan fisik dan mental berbeda, keduanya kerap muncul bersamaan. 

Jika Moms secara fisik merasa kelelahan dalam waktu cukup lama, Moms juga akan merasa lelah mental, dampaknya adalah menurunnya kondisi fisik.

Kelelahan mental sendiri merupakan sebuah gejala bukan tanda dan bila tidak di tangani segera akan berdampak pada kesehatan. 

Kelelahan mental kerap kali di istilahkan dengan stres, walaupun tidak semua stres menimbulkan kelelahan mental (fatique). 

Stress sendiri perlu dilepaskan (releasing tension), jika tidak mampu melakukan pelepasan stress pada akhirnya Moms akan mengalami kelelahan mental. 

BACA JUGA: Melawan Tradisi, Meghan Markle Akan Berpidato di Pernikahannya

Adapun ciri-ciri Moms mengalami kelelahan mental, yaitu: