Jadi Cengeng Setelah Adik Lahir

By Ipoel , Minggu, 7 Februari 2016 | 05:00 WIB
Jadi Cengeng Setelah Adik Lahir (Ipoel )

TANYA:

Bu Mayke yang baik, anak saya (2 tahun 9 bulan), adiknya baru lahir. Anakku jadi cengeng sejak adik lahir. Selain itu, sejak punya adik dia juga suka marah. Bahkan sekarang selalu pipis di celana. Padahal selama ini sudah bisa pipis sendiri. Kira-kira apakah perubahan ini terkait karena ada adik? Bagaimana mengatasi jadi cengeng sejak adik lahir serta jadi pemarah setelah punya adik, Bu, cara mengatasinya? Mohon saran.Dekris Natalia - via facebook

JAWAB:

Dekris, dari keterangan yang diberikan, jadi cengeng sejak adik lahir, juga jadi pemarah sejak punya adik, sudah jelas sekali anak sulung Anda mengalami regresi,  antara lain terjadi kemunduran dari bisa pipis sendiri menjadi pipis di celana, menjadi cengeng dan mudah marah. Sudah berapa bulan usia adiknya sekarang ini?  Pertanyaan saya ajukan untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri anak terhadap lahirnya adik.

Mengapa anak mengalami regresi yang ditandai dengan jadi cengeng sejak adik lahir, juga jadi pemarah sejak punya adik? Biasanya bersumber pada kecemasan (anxiety), dalam hal ini dia cemas dengan kelahiran adiknya. Walaupun orangtua sudah menjelaskan bahwa dia akan punya adik, namun anak usia dini belum bisa membayangkan kenyataannya seperti apa setelah dia punya adik. Yang dia alami,  perhatian orang-orang di sekitarnya, khususnya ibu, tidak lagi seperti biasanya. Setelah adik lahir, dia harus menunggu giliran ibu menyusui atau mengurus adiknya dulu, padahal sebelumnya dengan segera ibu memenuhi kebutuhannya. Dilarang berteriak ketika bermain sebab takut adiknya terbangun, padahal sebelumnya dia lebih bebas merdeka. Ibu tidak lagi memandikannya atau mengajaknya bermain, sebab waktu ibu tersita oleh adik. Mungkin saja ibu lebih sering menegur atau memarahinya, sebab dia cengeng, mudah marah, pipis di celana, sulit diatur. Jadi bak lingkaran setan. 

Kejadian sehari-hari di atas, yang dia alami membuatnya bingung dan cemas. Si kakak  belum bisa menyesuaikan diri dengan situasi setelah adik lahir. Yang patut diperhatikan adalah pipis di celana yang awalnya merupakan reaksi regresi, sangat mungkin berkembang menjadi reaksi protes, membangkang, terhadap orangtua. Dengan sengaja anak pipis di celana, lebih sering marah, menangis, membangkang.

Bagaimana membantu kakak menyesuaikan diri (coping) agar jadi cengeng sejak adik lahir, juga jadi pemarah sejak punya adik, ajak ia hadapi perubahan situasi setelah adik lahir? Hatinya perlu ditenangkan dengan menunjukkan bahwa ibu tetap sayang dan memerhatikan dia. Ketika dia pipis di celana, tidak usah dimarahi, apalagi dicemooh. Kata-kata  kunci yang patut dicamkan adalah “mengembalikan trust anak” bahwa ibu mengasihinya. Nyatakan saja bahwa sejak adik lahir, kakak jadinya pipis di celana lagi karena bingung melihat ibu lebih sering mengurusi adik. Katakan, ibu akan membantu dia agar bisa pipis di kloset seperti dulu. Ketika anak mudah menangis, tidak usah mengolok-oloknya, tapi coba mencari tahu, apa yang menyebabkan dia menangis; dugaan saya, dia hanya menginginkan perhatian dari ibunya. Jadi, ketika menangis, tenangkan hatinya dan selesaikan masalahnya. Misalnya, dia sedang menyusun mainan dan ternyata gagal, dekati anak dan ajak dia mencoba menyusun mainannya lagi sampai berhasil.

Agar kakak tidak jadi cengeng sejak adik lahir, juga jadi pemarah sejak punya adik Berikan penghargaan atas keberhasilannya dengan pernyataan “Ibu senang/bangga karena kamu bisa atasi kesulitan tadi, kamu juga merasa puas sebab sudah berhasil mengatasinya”. Hal ini perlu dilakukan agar sejak kecil anak mampu memberdayakan dirinya untuk mengatasi kesulitan yang dia alami dan bukan lari dari masalah. Sekian dulu Dekris, selamat membesarkan dua putra tercinta.

(Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI., Play Therapist dan Psikolog)