Bayi Sering Terbangun Tengah Malam

By Ipoel , Sabtu, 22 Agustus 2015 | 22:00 WIB
Bayi Sering Terbangun Tengah Malam (Ipoel )

TANYA:

Ibu Mayke, saya mau tanya, bayi sering terbangun tengah malam, Apakah perilaku Fellipe (6 bulan) itu normal karena sering begadang malam? Setiap malam selalu terbangun dan tidur lagi nanti pukul 3 atau 4 pagi. Terus bangun kembali siang di atas pukul 11. Kalau siang dia gampang tidur. Saya pernah coba kurangi tidur siangnya, tapi tidurnya tetap sama alias masih begadang. Selama begadang, dia akan main seperti masih siang, termasuk bermain sambil teriak-teriak dan lumayan suaranya sampai ke tetangga. Apa ada yang salah bayi sering terbangun tengah malam, ya, Bu? Mohon saran untuk Bayi sering terbangun tengah malam. Ibu Mayke. Eni Sudarminto - Bandung

JAWAB: Sesuai laporan Eni tentang Bayi sering terbangun tengah malam, Fillipe tertidur kembali sekitar pukul 3 atau 4 pagi dan bangun pukul 11 siang, berarti dia tidur selama 7 atau 8 jam, ditambah beberapa jam lagi untuk tidur siang dan tidur malam, maka total waktu tidur Fillipe, saya perkirakan sudah cukup, hanya pola tidurnya saja yang perlu diubah. Bagaimana dengan kesehatan dan aktivitas sehari-hari? Bila tidak terganggu, berarti anak ini sehat-sehat saja.

Berapa lama Eni melakukan eksperimen mengurangi tidur siang Fillipe, apakah beberapa hari berturut-turut atau baru mencoba satu-dua kali saja? Kalau belum, maka eksperimennya boleh dicoba kembali dalam rentang waktu tertentu, misalnya selama satu atau dua minggu berturut-turut dan lihat hasilnya. Mudah-mudahan berhasil mengatasi bayi sering terbangun tengah malam, bila tidak, sebaiknya konsultasikan pada dokter anak. Salam.