Orangtua Terperangkap Kemauan Anak

By Ipoel , Kamis, 15 Januari 2015 | 10:00 WIB
Orangtua Terperangkap Kemauan Anak (Ipoel )

TANYA:

Ibu Mayke, anak saya Dio (4,5) belakangan ini sering menangis dan mengamuk di depan umum jika saya tidak memenuhi keinginannya. Tiap kali saya ajak ke mal atau ke supermarket pasti ada saja yang ingin dibeli. Kalau tidak dituruti, ia akan berteriak sambil menangis, sehingga akhirnya saya sering mengalah. Bagaimana sebaiknya menyikapi hal ini ya, Bu? Mohon solusinya bila orangtua terperangkap kemauan anak. Terima kasihKristin – Surabaya

JAWAB:

Ha ha ha ha... Kristin, jangan sampai  orangtua terperangkap kemauan anak dalam manipulasi anak. Justru dia memilih situasi di keramaian karena dia tahu ibunya selalu menuruti kemauannya. Mudah saja, buang rasa malu jauh-jauh dari diri Anda. Ketika anak menangis dan mengamuk, biarkan saja dan tinggalkan dia, awasi dari jauh.

Tidak usah merasa bersalah atau takut orang lain menilai Anda sebagai ibu yang buruk. Itu saja resepnya, pasti mujarab. Lakukan dengan hati yang mantap, tidak penuh ragu agar anak pun bisa merasakan bahwa ibunya bertindak dengan sungguh-sungguh. Siap malu di depan umum? Semoga Kristin bisa tidak terperangkap kemauan anak. Salam dan sukses.

Ibu Mayke, anak saya Dio (4,5) belakangan ini sering menangis dan mengamuk di depan umum jika saya tidak memenuhi keinginannya. Tiap kali saya ajak ke mal atau ke supermarket pasti ada saja yang ingin dibeli. Kalau tidak dituruti, ia akan berteriak sambil menangis, sehingga akhirnya saya sering mengalah. Bagaimana sebaiknya menyikapi hal ini ya, Bu? Mohon solusinya. Terima kasihKristin – SurabayaHa ha ha ha... Kristin, jangan sampai terperangkap dalam manipulasi anak. Justru dia memilih situasi di keramaian karena dia tahu ibunya selalu menuruti kemauannya. Mudah saja, buang rasa malu jauh-jauh dari diri Anda. Ketika anak menangis dan mengamuk, biarkan saja dan tinggalkan dia, awasi dari jauh. Tidak usah merasa bersalah atau takut orang lain menilai Anda sebagai ibu yang buruk. Itu saja resepnya, pasti mujarab. Lakukan dengan hati yang mantap, tidak penuh ragu agar anak pun bisa merasakan bahwa ibunya bertindak dengan sungguh-sungguh. Siap malu di depan umum? Semoga Kristin bisa. Salam dan sukses.