Menjelaskan Istilah "Perkosaan" Pada Anak

By Ipoel , Jumat, 19 Desember 2014 | 08:00 WIB
Menjelaskan Istilah ()

TANYA:

Halo Ibu Mayke. Baru-baru ini anak saya, seorang putra kelas IV SD membaca koran pagi sambil sarapan. Kebetulan headline di koran adalah kasus perkosaan di angkot. Jadi anak saya bertanya kepada saya apa itu perkosaan. Terus terang saya bingung. Bagaimana menjelaskan istilah perkosaan pada anak? Saya berjanji padanya nanti menunggu penjelasan teman Mama yang lebih pintar. Maksudnya Ibu Mayke. Mohon penjelasannya, ya, Bu.Julie – JakartaHalo Julie, sangat beruntung anak mau bertanya pada ibunya mengenai istilah perkosaan, sehingga Mama dapat menjelaskan istilah perkosaan pada anak dengan tepat. Pada anak kelas 4 SD bisa dijelaskan apa artinya. Ada seseorang (biasanya pria terhadap wanita) yang memaksakan kehendaknya untuk melakukan perbuatan kasar, tidak sopan, melanggar etika, merendahkan harga diri orang lain (korban).  Mama juga bisa menjelaskan istilah perkosaan dengan apa yang diperbuata, termasuk memegang bagian tubuh yang tidak pantas dilakukan oleh orang lain pada diri korban, membuat korban merasa sangat dipermalukan, direndahkan, sedih, marah, kesakitan, dan dilanggar hak pribadinya.

Menjelaskan istilah perkosaan pada anak juga bisa dengan contoh. Bisa dicontohkan kalau anak mempunyai mainan yang sangat dia sukai dan ada orang lain yang memaksa untuk merampasnya dengan tindak kekerasan, apa yang bisa dia rasakan. Hanya saja pada peristiwa perkosaan, yang dirampas bukan dalam bentuk mainan/benda, tapi tubuh orang tersebut, bagian tubuh yang tidak pantas dijamah oleh orang lain dan menjadi hak pribadi orang tersebut.

Penjelasan ini sekaligus bisa mempersiapkan anak agar belajar mempertahankan diri dari situasi serupa, sekaligus bisa dijadikan ajang untuk pendidikan seksual anak. Pemerkosaan tidak hanya dilakukan pria terhadap wanita, bisa terjadi pria ke pria atau wanita ke wanita. 

Kemukakan pula apa yang bisa dilakukan korban ketika mengalami peristiwa perkosaan tersebut, bagaimana usaha pertahanan diri yang bisa dilakukan, pada siapa dan ke mana harus melapor, dan seterusnya. Orang pertama yang perlu dilapori adalah orangtuanya dan harus dilakukan tindakan hukum pada pemerkosa.

Sekian dulu Julie, semoga Julie bisa memberikan penjelasan pada anak dengan pikiran tenang. Semoga bisa menjelaskan istilah perkosaan pada anak Salam dan sukses.