Khawatir Pandemi Membuat Anak Tidak Berkembang? Begini Cara Mengembangkan Potensi Anak dari Nutrisi hingga Psikososialnya

By Cecilia Ardisty, Rabu, 3 Maret 2021 | 11:01 WIB
Mengembangkan Potensi Anak dari Nutrisi hingga Psikososialnya (freepik)

Nakita.id - Bagi orangtua yang baru memiliki anak pasti khawatir dengan perkembangan dan pertumbuhan buah hati saat pandemi Covid-19.

Tetapi tenang Moms, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko Sp.A (K), M.Si., Konsultan Tumbuh Kembang Anak & Magister Psikologi Perkembangan, melalui Konferensi Pers Daring: Gerakan 1 Juta Bunda Bangga bersama NESTLE DANCOW Nutritrods, pada Selasa (2/3/2021), memberitahu cara mengembangkan potensi anak usia toddler dan prasekolah.

"Pada masa pandemi ini banyak bunda khawatir toddler tidak bisa bermain atau sekolah dan khawatir perkembangan dan pertumbuhannya tidak optimal," pungkas Prof Miko.

Prof Miko mengatakan ada tiga poin untuk mengembangkan potensi anak usia toddler dan prasekolah yaitu nutrisi, stimulasi, dan proteksi.

Baca Juga: Stop Anggap Tabu! Inilah Risikonya Kalau Orangtua Tidak Memberikan Pendidikan Seksual Kepada Anak

"Nutrisi adalah makanan yang bergizi terutama untuk anak usia toddler dan prasekolah, lauk yang mengandung protein harus lebih banyak.

Misalnya telur, ayam, dan ikan, ditambah dengan protein dari tumbuh-tumbuhan yaitu tempe atau tahu," jelas Prof Miko.

Prof Miko mengatakan makanan tinggi protein membantu struktur otak dan tubuh Si Kecil.

Tetapi tidak cukup nutrisi harus ditambah dengan stimulasi, karena stimulasi akan merangsang fungsi otak dan tubuh.