Anak Sering Meniru Iklan Teve

By Ipoel , Kamis, 30 Oktober 2014 | 10:00 WIB
Anak Sering Meniru Iklan Teve (Ipoel )

TANYA:

Bu Mayke, anak saya baru 18 bulan, tapi tampaknya jadi korban iklan di TV karena hampir semua iklan ditirunya, apalagi iklan anak-anak. Bagaimana ya, Bu, cara membatasi/menasihati supaya tidak sering menonton TV? Bagaimana mengatasi anak sering meniru iklan teve? Saya juga ingin tahu, upaya apa saja yang bisa dilakukan ibu untuk mengetahui bakat dan minat anaknya supaya bisa dikembangkan sejak dini? Mujiyatun – Grobogan, Jawa TengahKebetulan si kecil baru berusia 18 bulan, mudah-mudahan TV tidak otomatis dinyalakan begitu bangun pagi sehingga kebiasaan menonton TV lebih mudah ditangani. Caranya hanya menyalakan TV pada jam-jam tertentu, yaitu pada film atau acara yang sesuai untuk anak usia di bawah 3 tahun dan sehari maksimum 30 menit. Pada awalnya, kemungkinan besar anak akan mengamuk, uring-uringan karena TV/film dibatasi, namun bila Ibu bersikukuh menerapkan aturan, lama-kelamaan pasti bisa diatasi.

Agar niat di atas bisa terlaksana, Ibu perlu mendapat dukungan anggota keluarga lainnya yang tidak sembarangan menyetel TV. Konsekuensi lain Ibu perlu menyiapkan waktu untuk menemaninya bermain yang seru-seru agar dia tidak teringat menonton TV. 

Mengetahui bakat dan minat anak memerlukan pengamatan yang jeli dari orangtua. Bisa diamati, dalam kegiatan apa anak paling cepat belajar dan gerakannya luwes (terampil). Minat anak bisa terlihat dari perhatiannya yang bertahan cukup lama ketika melakukan kegiatan tertentu. Misalnya, ketika anak sering kali mengutakngatikkan mainan mobil-mobilan, tidak usah memarahinya, melainkan carikan buku/majalah bergambar mobil dan ajak mengenali bagian-bagian dari mobil, ajak merakit puzzle bergambar mobil. 

Di usia 3 tahunan, boleh mengajaknya melihat orang bekerja di bengkel mobil atau motor sehingga dia punya pengalaman langsung dengan perbengkelan. Berarti minat anak berkaitan dengan mekanik yang tidak terbatas pada mobil dan motor, tapi mungkin pada mesin-mesin lainnya. Anak yang berbakat, akan cepat mengerti cara kerja mesin melalui praktik langsung dan tahu bagaimana memasang/memperbaiki bagian-bagian mesin. Saya berharap Ibu Muji bisa mempraktikkan saran-saran yang diberikan.