Hari Musik Nasional, Mulai Kenalkan Musik pada Si Kecil di Usia Ini dan Rasakan Manfaatnya di Masa Depan

By Nita Febriani, Selasa, 9 Maret 2021 | 14:45 WIB
Ilustrasi memperkenalkan musik pada Si Kecil (Freepik/prostooleh)

 

Nakita.id - Momen Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret bisa jadi waktu yang tepat untuk Moms mengenalkan musik pada Si Kecil.

Menyanyi dan musik seakan sudah sangat melekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Kita bisa dengan mudah menemukan musik hadir dalam banyak aspek kehidupan: teater, televisi, film, ibadah, liburan, perayaan, bahkan upacara formal.

 Baca Juga: #FamilyQuality ala Jevin Julian yang Kompak dengan Rinni Wulandari Luangkan Waktu 1 Jam untuk Nord Kiano Belajar dan Bermain di Rumah

Sejak lahir, orang tua secara naluriah menggunakan musik untuk menenangkan Si Kecil, mengekspresikan cinta dan menciptakan kegembiraan, serta untuk berinteraksi.

Orang tua pun wajib tahu bagaimana musik dapat memengaruhi perkembangan anak, meningkatkan keterampilan sosial, dan bermanfaat bagi anak-anak di masa depannya.

Sebuah studi tahun 2016 di Institut Otak dan Kreativitas Universitas California Selatan menemukan bahwa pengalaman musik di masa kanak-kanak sebenarnya dapat mempercepat perkembangan otak, terutama di bidang penguasaan bahasa dan keterampilan membaca.