Kiat Memilih Taman Bermain

By Ipoel , Senin, 29 September 2014 | 07:38 WIB
Kiat Memilih Taman Bermain (Ipoel )

TANYA:

Bu Mayke, anak saya, Widya, bulan Juli nanti akan berusia 4,3 tahun. Saya ingin memasukkan ke prasekolah atau taman bermain. Bu, saya mohon saran, langkah apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih taman bermain  yang baik dan benar berdasarkan psikologi anak. Terima kasih atas saran Ibu.Brury T. Lestari - Jakarta

JAWAB:

Bagaimana memilih taman bermain yang menunjang perkembangan psikologis anak? Pilihlah TK yang program maupun guru pelaksananya banyak mengajak anak belajar melalui bermain. Pelajari terlebih dahulu, apakah aktivitas yang dilakukan mengembangkan kemandirian anak, keterampilan gerakan kasar dan halus, melatih anak berpikir kritis. 

Bagaimana pula perlakuan para guru terhadap anak asuhnya, apakah mau menghargai dan mengizinkan anak bereksplorasi? Selain itu, perhatikan fasilitas yang disediakan, apakah TK tersebut mempunyai ruangan yang cukup luas sehingga anak bebas bergerak di dalam atau di luar ruangan, dan dilengkapi dengan peralatan bermain yang bervariasi?

Cara untuk mengetahui tentang A sampai Z dari suatu TK, carilah informasi melalui kerabat yang pernah menyekolahkan anaknya di TK tersebut, baca iklan mengenai sekolah, kunjungi sekolah, dan ikuti trial bila diberikan kesempatan.