Anak Suka Mainkan Bulu Mata

By Ipoel , Selasa, 4 November 2014 | 21:00 WIB
Anak Suka Mainkan Bulu Mata (Ipoel )

TANYA:

Anak suka mainkan bulu mata. Begini anak laki-laki saya, Jibrilliant (19 bulan), punya kebiasaan memainkan bulu mata saya saat sedang minum susu, sejak masih ASI sampai sekarang setelah 2 bulan tersapih. Tadinya hanya saat minum susu sebelum tidur saja,tapi akhir-akhir ini, kok, kadang saat sedang main/menonton TV/saya bacakan cerita/bahkan bercanda, dia sesekali menghampiri hanya untuk memainkan bulu mata saya. Cuma sebentar sih, Bu, setelah itu kembali ke aktivitasnya, tapi tetap saja saya khawatir, takut keterusan. Bagaimana cara menghentikannya? Terima kasih.Dea – Kediri

JAWAB:

Anak suka mainkan bulu mata seperti  yang ditunjukkan oleh Jibrilliant merupakan suatu kebiasaan yang memberikan sensasi tertentu bagi anak. Pada dasarnya, dengan memegang/memainkan bulu mata ibunya, dia merasa nyaman sekali. Karena itulah perilaku ini diulang-ulang terus dan semakin meluas, tidak hanya dilakukan pada saat minum susu, tapi juga di saat bermain dan kesempatan-kesempatan lainnya.

Mudah saja menghentikan kebiasaan ini dan sebaiknya segera dihentikan agar tidak berkelanjutan sampai dia besar. Ketika Jibrilliant memegang bulu mata ibunya, segera alihkan tangannya dan sibukkan dirinya dengan kegiatan lain; intinya, alihkan pada kegiatan lain. Misal, ceritakan tentang sesuatu yang sangat menarik hatinya, membujuk, berikan boneka berbulu (soft toys) agar anak bisa merasakan sensasi tertentu ketika dia memegang boneka lembutnya. 

Kalau anak menolak dan memaksa memegang bulu mata Dea, katakan bahwa mata Dea pedih bila bulu matanya dipegang, kemudian bersikaplah tegas bahwa keinginannya tidak bisa dipenuhi. Sekian dulu Dea, saya harap Dea bisa mengatasi masalah ini.