Senang Boyband, Lupa Belajar

By Ipoel , Kamis, 6 November 2014 | 21:00 WIB
Senang Boyband, Lupa Belajar (Ipoel )

TANYA:

Bu Mayke yang baik, sejak kenal boyband, anak jadi lupa belajar. Begini, anak saya (9) sejak mengenal lagu-lagu SMASH & Cheerybell lebih suka mendengarkan CD-nya, belajar jadi agak menurun. Berulang kali saya nasihati, boleh suka lagu-lagu, tapi pelajaran sekolah tetap yang utama. Namun, setiap pulang sekolah yang dipegang CD player-nya dulu. Disuruh bikin PR malah ngeles, ditunda-tunda mengerjakannya. Akhirnya kami jadi berdebat dulu. Bagaimana ya, Bu cara memperbaiki tingkahnya itu? Terima kasih atas jawaban Ibu Mayke. Sisca Yuliana, via facebook

JAWAB:

Bu Sisca, cobalah membuat peraturan yang disepakati bersama anak. Sepulang sekolah dia boleh mendengarkan lagu selama 1—2 jam sambil makan atau melakukan kegiatan lainnya. Setelah batas waktu selesai, anak diwajibkan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bila dia tetap berkelit, Anda bisa bersikap tegas melalui pernyataan dengan nada bicara yang tegas dan memantau anak, benarkah ia mematikan CD dan mengerjakan tugasnya.

Cara lain adalah membolehkan anak mendengarkan lagu sambil membuat pekerjaan rumah, karena kadang kala ada anak-anak yang lebih mudah belajar ketika dilakukan sambil mendengarkan lagu. Saya tidak tahu anak Ibu termasuk tipe yang mana, jadi amati dulu bagaimana hasilnya bila dia belajar sambil mendengarkan lagu. Mengenai prestasi belajar yang menurun, apakah karena ia kurang belajar atau pelajaran bertambah sulit sehingga anak memerlukan usaha lebih keras untuk memahami pelajaran. Semua harus diamati dulu untuk dicarikan solusinya.