Punya Kista, Bisakah Ikut Program Bayi Tabung

By Ipoel , Kamis, 13 Agustus 2015 | 23:00 WIB
Punya Kista, Bisakah Ikut Program Bayi Tabung (Ipoel )

TANYA:

Dokter Judi, saya (39) ingin ikut program bayi tabung, tapi mempunyai endometriosis (kista cokelat). Apakah saya dapat melakukan program itu? Saya telah punya satu anak berumur 16 tahun. Saya ingin sekali mempunyai satu anak lagi sebelum usia 40. Terima kasih atas jawabannya.

Ratih – Jakarta

 

JAWAB:

            I Mama dan Ibu dan suami harus melakukan pemeriksaan di RS yang memiliki program bayi tabung, misalnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta atau RS Cipto Mangunkusumo. Perlu pemeriksaan yang teliti agar dapat dilakukan persiapan dengan baik. Melihat usia ibu dan adanya kista endometriosis, hal ini dapat mengurangi keberhasilan bayi tabung.

            Dokter kandungan yang khusus melakukan bayi tabung akan menjelaskan prosedur standar berkaitan dengan adanya kista endometriosis serta kemungkinan keberhasilan memperoleh bayi. Saat ini rata-rata keberhasilan memperoleh bayi sekitar 30% dan semakin berkurang dengan bertambahnya umur dan adanya suatu penyakit pada organ kandungan, sperma, atau penyakit ibu (misalnya kencing manis).

            Dokter juga akan memeriksa kualitas sperma untuk mencari apakah ada kelainan. Kelainan bentuk sperma dapat mengurangi keberhasilan bayi tabung. Selain itu, mohon Ibu mencatat semua keluhan, riwayat penyakit, apakah merokok atau tidak, dan catatan hari pertama haid Ibu setiap bulannya.  Ibu juga harus mulai mengurangi stres kejiwaan. Banyak bersedekah dan berdoa kepada Allah SWT agar dilancarkan semuanya dan Ibu diberi kesempatan memperoleh keturunan. Stres yang berlebihan berkaitan dengan gangguan hormon sehingga sel telur Ibu tidak berkembang optimal. Terima kasih atas pertanyaannya.

dr. Judi Januadi Endjun, Sp.OG Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto