Bila Rahim Diangkat, Ibu Tak Haid Lagi?

By Ipoel , Selasa, 16 Juni 2015 | 08:10 WIB
Bila Rahim Diangkat, Ibu Tak Haid Lagi? (Ipoel )

TANYA:

Dokter Judi yang baik, saya (32) sudah operasi angkat kandungan tiga tahun lalu tapi dua indung telur (ovarium) saya masih ada dan dinyatakan sehat. Saya sudah memiliki dua anak, 9 dan 7 tahun. Saya ingin tanya, mengapa saya tidak pernah menstruasi lagi padahal indung telur masih ada? Apa saya masih bisa hamil lagi? Apakah pengobatannya supaya saya bisa menstruasi lagi? Bila rahim diangkat, saya tak hamil lagi?

Maria – via e-mail

JAWAB:

Haid adalah pelepasan selaput lendir rahim (endometrium) secara rutin setiap bulan yang terjadi akibat perubahan berkala hormon estrogen, progesteron, FSH, dan LH. Endometrium terletak di dalam rongga rahim dan saluran mulut rahim. Pada wanita yang sudah mengalami operasi pengangkatan rahim (histerektomi) tidak dapat lagi haid dan hamil. Jadi bila rahim diangkat, ibu tak akan haid lagi. Keadaan ini tidak disebut menopause karena sistem hormonal Ibu masih baik. Indung telur Ibu masih menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang sangat penting dalam menjaga fungsi kewanitaan Ibu. 

Silakan Ibu melakukan aktivitas seperti biasanya, jangan menjadi risau karena tidak haid lagi. Dianjurkan setiap 6–12 bulan melakukan pemeriksaan kandungan dan USG transvaginal untuk memantau keadaan indung telur (ovarium). Pemeriksaan Pap’s smear dari dinding vagina juga harus rutin dilakukan, bila normal, dapat dilakukan setiap tahun. Terima kasih atas pertanyaannya.