Ingin Anak Perempuan

By Santi Hartono, Rabu, 15 April 2015 | 23:00 WIB
Ingin Anak Perempuan (Santi Hartono)

TANYA:

Dokter, saya (32) sangat menginginkan anak perempuan mengingat anak saya sebelumnya lelaki (2). Rencananya saya ingin segera menambah momongan. Kira-kira makanan apa yang harus dikonsumsi agar mendapatkan anak perempuan? Adakah metode atau cara yang bisa dilakukan untuk merancang jenis kelamin bayi, Dok? Terima kasih atas jawaban Dokter Judi.Eriana Kusriani – Pemalang, Jawa-Tengah

JAWAB:

Tidak ada makanan yang dapat menentukan apakah seorang calon ibu hamil dapat memilih jenis kelamin. Informasi yang ada di masyarakat hanya berdasarkan testimoni (pendapat) seseorang berdasarkan pengalamannya sendiri. 

Program hamil dengan memilih jenis kelamin tidak mudah dan juga tidak murah, perlu dilakukan pencucian sperma untuk memilah sperma X (wanita) dan sperma Y (laki-laki), kemudian dilanjutkan dengan inseminasi buatan atau bayi tabung. Pada program inseminasi buatan, setelah sperma dicuci dan dipilah, maka diambil sperma Y kemudian dimasukkan ke dalam rongga rahim dengan kateter khusus. Keberhasilan program ini untuk memperoleh bayi laki-laki sekitar 60—80%, tetapi untuk bisa hamil hanya sekitar 40% karena programnya tidak alami.

Pada program bayi tabung, keberhasilan untuk memperoleh jenis kelamin bayi yang diinginkan lebih besar, tetapi untuk bisa hamil lebih kecil lagi, yaitu sekitar 30%. Ikhtiar manusia sangat tergantung pada keputusan Yang Maha Kuasa. Mohon yang terbaik menurut kehendak_Nya jauh lebih penting dibanding memaksakan sesuatu yang mungkin saja kita tidak tau apakah itu baik atau tidak untuk kita. Silakan menghubungi dokter yang bekerja di Klinik Fertilitas dr. Kariadi/FK UNDIP Semarang untuk berkonsultasi. 

Asuhan: dr. Judi Januadi Endjun, Sp.OG Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto