Ada Cairan di Otak Janin

By Santi Hartono, Rabu, 18 Maret 2015 | 02:00 WIB
Ada Cairan di Otak Janin (Santi Hartono)

TANYA:

Dokter Judi, istri saya hamil 7 bulan, waktu USG kemarin dikatakan dokter ada cairan di otak janin. Apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya? Oleh dokter diberi obat clydamycyn dan minggu depan harus check up lagi. Mohon jawabannya ya, Dok, karena saya sangat khawatir akan bayi saya. Terima kasih atas jawaban Dokter Judi.Fresco – via e-mail

JAWAB:

Otak janin terdiri atas berbagai struktur, ada yang lebih padat (misalnya,  otak kecil) atau berisi cairan (misalnya,  sistem ventrikel). Kelainan pada sistem ventrikel berkaitan dengan gangguan aliran cairan otak sehingga ventrikel tersebut melebar. Pelebaran ventrikel lateral (di bagian tepi otak) disebut ventrikulomegali bila pelebarannya 10–15 mm, tetapi bila berat menjadi hidrosefalus (pelebaran lebih dari 15 mm). Sebaiknya Bapak tanyakan lagi sistem mana yang terjadi kelainan dan lakukan second opinion kepada dokter di Divisi Fetomaternal Rumah Sakit Pendidikan di kota tempat Anda tinggal. 

Bila karena infeksi bisa diberi antivirus atau antibiotik atau antiparasit. Bila penyebabnya adalah tumor otak, hal ini jauh lebih sulit lagi karena mungkin memerlukan tindakan pembedahan. Selain itu, sering kelainan di kepala janin disertai kelainan bawaan di jantung atau sistem saluran cerna atau kelainan kromosom.