Siklus Haid Tidak Teratur

By Santi Hartono, Senin, 16 Maret 2015 | 01:00 WIB
Siklus Haid Tidak Teratur (Santi Hartono)

TANYA:

Halo Dokter, saya (27) mengalami siklus haid sebulannya dua kali dengan rentang per siklusnya kadang cuma seminggu. Apakah hal ini ada hubungannya dengan penyakit yang saya saya alami belakangan ini? Penyakit itu seperti gatal pada bagian alat kelamin yang kadang saya garuk. Saya pernah konsultasikan masalah gatal ini ke puskesmas, katanya, ada infeksi jamur. Saya khawatir dengan penyakit kelamin yang lebih parah seperti kanker serviks. Apakah ini gejala kanker serviks? Mengapa siklus haid tidak teratur? Saya sangat menantikan jawaban Dokter  Lenny – Medan

JAWAB:

Haid normal terjadi setiap 28 ± 3 hari dengan  lama 3–7 hari dan jumlah darahnya tidak banyak serta tidak mengandung gumpalan-gumpalan darah yang besar. Gangguan haid dapat disebabkan gangguan hormon, tumor kandungan, penebalan selaput lendir rahim, atau infeksi organ kandungan. 

Jika siklus haid tidak teratur, sebaiknya  melakukan pemeriksaan ke spesialis kebidanan dan kandungan di Medan. Gangguan hormon dapat disebabkan oleh adanya kelainan di kepala, obesitas, penyakit kronis, atau tumor kandungan. Pemeriksaan hormon FSH, LH, estrogen, progesteron, dan prolaktin akan mengarahkan apa penyebab dari gangguan haid tersebut. 

Pemeriksaan USG kandungan melalui dinding perut (transabdominalis) atau melalui anus (transrektal) dapat menemukan adanya massa atau kelainan organ kandungan. Kelainan yang mungkin terjadi, yaitu adanya mioma uteri (tumor jinak dari otot rahim) yang tumbuh di dalam rongga rahim, penebalan selaput lendir rahim, atau kista indung telur (kista ovarium). 

Kelainan lain yang dapat mengganggu haid adalah endometriosis atau infeksi organ kandungan dan infeksi rongga panggul. Kegemukan (obesitas), penyakit kencing manis, penyakit kelenjar gondok (thiroid), stres lama yang berat dapat menyebabkan gangguan haid. Terima kasih atas pertanyaannya.

Asuhan: dr. Judi Januadi Endjun, Sp.OG Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto