Detak Jantung Janin Tidak Terdengar

By Ipoel , Selasa, 3 Februari 2015 | 07:00 WIB
Detak Jantung Janin Tidak Terdengar (Ipoel )

Detak Jantung Janin Tidak Terdengar

Halo Dokter Judi, saya sedang hamil 8 minggu. Terakhir periksa ke dokter, katanya janin saya berkembang baik, usia kandungan 8 minggu dan panjangnya 1,5 cm. Tapi detak jantung janin tidak terdengar alias belum terdeteksi. Apakah ini normal, Dok? Apa dan bagaimana yang harus saya lakukkan untuk menjaga kehamilan?

Metana Y – via e-mail

JAWAB:

Detak jantung janin tidak terdengar. Panjang janin (CRL) 15 mm masih sesuai dengan kehamilan 8 minggu. Semua janin berusia 8 minggu harus ada denyut jantung janin (DJJ) dan ini tidak sulit dipastikan melalui USG transvaginal dan pemeriksaan Doppler. 

Melihat data Ibu, tampaknya kehamilan tersebut tidak normal dan mungkin perlu pendapat dokter lain (second opinion) yang bekerja di RS Pendidikan. Bila tidak memungkinkan, maka pemeriksaan harus diulangi satu minggu kemudian.

Panjang janin normal akan bertambah 1 mm/hari sehingga satu minggu kemudian panjang janin Ibu harus mencapai 22 mm dan ada denyut jantungnya. Bila DJJ tetap tidak ada, maka CRL tidak akan bertambah dan ini berarti janin Ibu telah meninggal dan perlu dikeluarkan dengan cara di kuret. Jaringan konsepsi dari hasil kuret harus di kirim ke laboratorium untuk pemeriksaan PA (patologi anatomi) dan juga analisis kromosom (bila mampu laksana).

Pemeriksaan PA dan kromosom penting dalam mencari penyebab dari kematian janin tersebut. Bila suami perokok atau peminum alkohol, harus segera berhenti, karena rokok dan alkohol dapat menyebabkan kecacatan atau kematian janin.