Ibu Hamil Suka Ngemil Beras

By Ipoel , Minggu, 23 Agustus 2015 | 23:00 WIB
Ibu Hamil Suka Ngemil Beras (Ipoel )

Ibu Hamil Suka Ngemil Beras

Dokter Judi, saya sedang hamil 6 bulan. Saya ingin menanyakan, kenapa  ibu hamil suka ngemil beras? Sebenarnya saya takut kebiasaan  ibu hamil suka ngemil beras juga ada dampaknya terhadap janin yang saya kandung. Saya mohon penjelasannya apakah akan ada dampak pada janin saya. Bagaimana caranya menghentikannya kebiasaan  ibu hamil suka ngemil beras?Heti Setiani – via e-mail

JAWAB:Ibu hamil suka ngemil beras ada kemungkinan ngidam. Dalam dunia kedokteran dikenal mengidam, yaitu suatu keinginan dari wanita hamil akan sesuatu yang tidak biasa, misalnya, ingin makan tanah atau tidak ingin makan nasi yang sebelumnya sangat disukainya. Sampai saat ini belum diketahui apa sebab pastinya. Yang jelas ngidam tersebut berkaitan dengan kejiwaan ibu hamil. Ngemil beras memang terasa aneh, tapi sulit dihindari oleh ibu hamil yang bersangkutan. Selama beras tersebut sudah dicuci bersih, bisa saja hal tersebut dilakukan, tetapi jangan terlalu sering karena sistem pencernaan kita tidak didesain untuk makan beras. 

Coba perlahan-lahan hal tersebut dialihkan kepada hal yang lebih positif, misalnya makan buah-buahan atau sayuran segar yang menyehatkan. Minta tolong kepada suami atau orangtua untuk mengingatkan bila yang Ibu lakukan tersebut tidak baik. Hanya kemauan kuat dari ibu hamil yang dapat mengatasi hal tersebut. Dampak pada janin lebih disebabkan bila beras tersebut tidak bersih, artinya Ibu bisa terkena penyakit, seperti diare.