Manfaatkan Momen Happy Moms Happy Ramadan untuk Membiasakan Anak Membaca dan Berbuat Kebaikan, Yuk!

By Nita Febriani, Jumat, 23 April 2021 | 14:40 WIB
Manfaatkan momen Happy Moms Happy Ramadan yang bertepatan dengan Hari buku sedunia untuk menumbuhkan minat baca anak (Freepik.com/jcomp)

Nakita.id - Happy Moms Happy Ramadan bisa dimanfaatkan sebagai momen untuk membiasakan anak membaca dan berbuat kebaikan.

Pasalnya, menurut penelitian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tahun 2019, rata-rata indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) di Indonesia tergolong rendah.

Yaitu berada di angka 37,32 persen.

Padahal membaca merupakan kompetensi fungsional yang sangat penting untuk Si Kecil, seperti halnya menulis.

Baca Juga: Punya Segudang Manfaat, Ini Tips Wajib Dilakukan Sebelum Mendongeng untuk Si Kecil

Membaca menjadi kunci untuk mempelajari segala macam ilmu pengetahuan, termasuk informasi dan petunjuk sehari-hari yang berdampak besar bagi kehidupan.

Untuk itu, kebiasaan membaca muatan positif perlu rutin ditanamkan agar Si Kecil dapat menjalani hidupnya dengan kualitas yang lebih baik.

Salah satu cara meningkatkan minat baca anak dan aktivitas literasi mereka adalah dengan mulai mengenalkan buku pada Si Kecil sejak dini.

Selain itu, menurut Dokter Spesialis Anak, Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak-anak.