Kasus Covid-19 India Meroket Tapi Ratusan Warganya Boleh Datang ke Indonesia, Ternyata Ada yang Kecolongan Positif Covid-19

By Kirana Riyantika, Jumat, 23 April 2021 | 19:55 WIB
Ilustrasi warga negara India (Freepik)

Nakita.id - Ratusan warga India memasuki Indonesia pada Rabu (21/4/2021).

Tepatnya 117 Warga Negara India masuk ke Indonesia dikarenakan krisis kesehatan parah di negaranya.

Dikutip dari Kompas.com, Romi Yudianto selaku Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta mengungkapkan ada mutasi virus Covid-19 varian B.1617 muatan mutasi ganda.

Baca Juga: Moms, Alergi Susu Sapi Ternyata Berbeda dengan Intoleransi Laktosa

"Kedatangan ratusan warga negara India melalui Bandara Soekarno-Hatta mengingat negara itu tengah dilanda tsunami Covid-19 dalam dua bulan terakhir. Selain itu, India diketahui tengah berjibaku melawan virus SARS-COV-2 varian B1617 yang bermuatan mutasi ganda," ujar Romi melalui rilis resminya, Jumat (23/4/2021).

Meski demikian, Romi menyatakan bahwa masuknya 117 warga negara asing (WNA) itu sudah melalui pengawasan yang ketat.Ratusan Warga Negara India tersebut terbang ke Indonesia menggunakan pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan XZ988.

Selain itu, 117 Warga Negara India tersebut memiliki kelengkapan perizinan untuk masuk ke wilayah Indonesia.

Dia melanjutkan, izin untuk memasuki Indonesia itu dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), atau kepemilikan Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap).