Sering Keputihan Saat Hamil

By Ipoel , Sabtu, 22 Agustus 2015 | 02:00 WIB
Sering Keputihan Saat Hamil (Ipoel )

TANYA:

Salam, Dokter Judi. Saya (34) menikah dan langsung hamil. Saat ini usia kandungan saya 14 minggu. Tapi saya sering mengalami nyeri di perut sebelah kanan dan kadang-kadang pinggang kanan juga nyeri. Setiap hari saya juga keputihan sehingga menyebabkan selangkangan saya kanan kiri gatal (seperti jamur). Saat ini saya pakai bedak dan salep resep dari dokter. Mengingat riwayat sebelum menikah saya sudah keputihan dan sudah diobati tapi tidak pernah pulih. Warna keputihan saat ini putih susu dan suka gatal kalau tidak langsung ganti celana dalam. Apakah saya perlu melakukan tes khusus mengenai keputihan ini agar tidak berbahaya bagi janin saya? Saya menunggu jawaban Dokter Judi. Mengapa sering keputihan saat hamil? Apa penyebab sering keputihan saat hamil? Terima kasih.Ewa – Jakarta

JAWAB:

Sering keputihan saat hamil disebabkan oleh infeksi. Perlu dilakukan pemeriksaan sediaan basah dan kultur kuman yang ada di vagina Ibu. Di Jakarta bisa dilakukan pemeriksaan tersebut. Setelah diketahui apa kuman penyebabnya, akan diberikan pengobatan yang sesuai (terapi rasional).

Tubuh wanita hamil cenderung semakin gemuk dan mudah infeksi karena sistem kekebalannya sedikit berkurang. Perhatikan kebersihan air yang Ibu pakai untuk mandi dan membilas daerah kelamin pasca-BAB dan atau BAK. Bila perlu bawa air bersih sendiri jika tempat BAK dan BAB-nya terlihat jorok atau airnya keruh dan berbau. 

Keputihan saat hamil harus diobati sampai tuntas karena infeksi di daerah vagina dapat menyebabkan ketuban pecah dan persalinan kurang bulan. Adanya infeksi di daerah kelamin akan menjalar ke organ kandungan bagian atas sehingga timbul rasa nyeri. Nyeri tersebut disebabkan oleh kontraksi rahim dan penggantung rahim (ligamentum). Periksa juga apakah ada kuman di saluran kemih dan rongga mulut.